PSSI Yakin FIFA Tidak Permasalahkan Pembentukan INAFOC

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 51 2240777 pssi-yakin-fifa-tidak-permasalahkan-pembentukan-inafoc-thvG3tLnyS.jpg Iwan Bule yakin FIFA tidak permasalahkan INAFOC (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan keberadaan INAFOC tidak akan dipermasalahkan oleh FIFA. Sebab, Rusia sudah membentuk panitia lokal serupa ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Seperti diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membentuk INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee) usai bertemu dengan PSSI di Istana Presiden, Rabu 1 Juli 2020. Kepanitiaan tersebut dibentuk dengan harapan mempercepat persiapan.

Baca juga: INAFOC, Komite Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Kemenpora membentuk INAFOC (Foto: Kemenpora RI)

INAFOC yang diketuai oleh Menpora Zainudin Amali nantinya fokus pada persiapan penyelenggaraan. Sedangkan PSSI hanya mengurusi soal program Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang akan diturunkan pada Piala Dunia U-20 2021.

Pembentukan INAFOC berpotensi memunculkan teguran dari FIFA. Sebab, organisasi tersebut mengharamkan adanya campur tangan pemerintah dalam segala urusan sepakbola. Namun, Mochamad Iriawan memastikan FIFA tidak akan mempermasalahkan keberadaan INAFOC.

“(INAFOC) bukan hal yang baru. Rusia juga sewaktu Piala Dunia melakukan hal yang sama. Bagi kami, Alhamdulillah, beban kami yang berat itu bisa dibagi. Jadi, kami fokus ke timnas,” tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule itu dalam konferensi pers di Gedung Kemenpora RI, Jumat (3/7/2020).

Sebagai ketua, Menpora Zainudin Amali punya hak untuk menunjuk siapa saja yang pantas masuk ke dalam INAFOC, termasuk Iwan Bule. PSSI memang belum mengajukan nama yang akan dimasukkan dalam kepanitiaan tersebut. Akan tetapi, sang ketua tidak akan menolak jika diminta langsung oleh Menpora.

“Kami belum memasukkan nama. Yang jelas, Pak Menteri ketuanya. Kalau Pak Menteri (Zainudin Amali) meminta, ya saya tidak bisa menolak,” tutup pria berusia 58 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini