INAFOC, Komite Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 51 2239644 inafoc-komite-penyelenggara-piala-dunia-u-20-2021-di-indonesia-8QzVT7OZqY.jpg Menpora, Zainudin Amali, saat konferensi pers di Jakarta (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Pemerintah akan membentuk kepanitiaan untuk mengambil alih gelaran Piala Dunia U-20 2021. Langkah tersebut diambil berdasarkan hasil dari rapat terbatas yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dengan Presiden Joko Widodo di Istana Presiden pada Rabu (1/7/2020).

Hasil pertemuan tersebut, Kemenpora akan membentuk kepanitian yang diberi nama Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC). Nantinya, Zainudin Amali akan bertindak sebagai ketua dalam susunan kepanitiaan tersebut.

“Ketuanya nanti akan dipimpin saya langsung. Jadi saya tidak ingin ada yang main-main. Saya akan lihat siapa saja yang berkompeten yang bakal terlibat. Mungkin melibatkan TNI, Polri dan bidang lainnya,” ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers di Jakarta.

Lebih lanjut, Menpora menjelaskan gelaran Piala Dunia U-20 yang bakal berlangsung di tahun 2021 itu bakal menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia mengatakan, anggaran sudah disanggupi oleh Menteri Keuangan meski belum bisa menyebut jumlah dana yang dibutuhkan.

Baca juga: Jelang Piala Dunia U-20, Menpora Serahkan Persiapan Timnas Indonesia kepada PSSI

"Walaupun ditanggung APBN, kita juga tidak menutup peran swasta. Karena kita ada lembaganya yakni LPDUK. Semua yang masuk harus dipertanggungjawabkan. Jangan sampai ada korupsi walau sepeser pun,” sambungnya.

Sejauh ini, Kemenpora sudah turut bekerja bersama PSSI dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021. Akan tetapi, khusus persiapan Timnas Indonesia, Menpora tidak ingin ikut campur.

“Tentang bagaimana persiapan Timnasnya itu menjadi kewenangan penuh dari PSSI. Kita tidak akan ikut campur di dalam persiapan Timnas,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini