Bawa Liverpool Juara Liga Inggris dan Liga Champions, Klopp Enggan Disamakan dengan Dalglish dan Shankly

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 45 2240185 bawa-liverpool-juara-liga-inggris-dan-liga-champions-klopp-enggan-disamakan-dengan-dalglish-dan-shankly-0RfHrnAhg2.jpg Jurgen Klopp enggan disamakan dengan Dalglish dan Shankly. (Foto: @LFC)

LIVERPOOL – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tidak ingin disamakan dengan dua legenda Liverpool, Kenny Daglish dan Bill Shankly. Klopp menilai, era ia melatih sangat berbeda dibandingkan ketika Dalglish dan Shankly membesut The Reds –julukan Liverpool.

Keberhasilan membawa Liverpool juara Liga Inggris dan Liga Champions membuat Klopp mencatatkan prestasi tersendiri. Pelatih asal Jerman itu tercatat sebagai juru taktik ketiga di Liverpool yang membawa si Merah juara Liga Inggris dan Liga Champions, setelah Bob Paisley dan Joe Fagan.

Kenny Dalglish

(Kenny Dalglish (paling kiri) sukses bersama Liverpool)

Selain ketiga nama di atas, Liverpool sebenarnya memiliki dua pelatih kenamaan lainnya, yakni Kenny Dalglish dan Bill Shankly. Hanya saja, dua nama di atas hanya mampu membawa Liverpool juara Liga Inggris, tidak dengan Liga Champions.

Baik Dalglish dan Shankly tercatat sama-sama memberikan tiga trofi Liga Inggris untuk Liverpool, dalam statusnya sebagai pelatih. Sementara itu, Rafael Benitez memberikan catatan lain. Ia sanggup membawa Liverpool juara Liga Champions, namun tidak dengan Liga Inggris.

BACA JUGA: 5 Alasan Man City Bisa Rebut Mahkota Liga Inggris dari Liverpool

“Alasan kenapa Kenny (Dalglish) tidak menang saya tidak tahu, begitu juga dengan Bill (Shankly) saya tidak tahu persis kenapa ia tidak bisa memenangkannya. Namun, itu tidak penting. Saya tidak akan pernah membandingkan saya dengan mereka,” kata Klopp mengutip dari Sportskeeda, Kamis (2/7/2020).

 

Klopp sejak 2015 menangani Liverpool. Kala itu, ia benar-benar membangun Liverpool dari nol, mengingat pelatih The Reds sebelumnya yakni Brendan Rodgers meninggalkan banyak pemain yang tidak cocok dengan gaya permainan Klopp.

Namun, perlahan tapi pasti Klopp membangkitkan performa Liverpool. Setelah finis runner-up di Piala Liga Inggris dan Piala Eropa 2015-2016 serta Liga Champions 2017-2018, Klopp meraih trofi perdananya bersama Liverpool yakni Liga Champions 2018-2019.

Sejak saat itu trofi mengalir ke lemari trofi Liverpool, yang mana telah memenangkan empat gelar. Selain trofi Liga Champions, Liverpool racikan Klopp telah meraih gelar Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub dan Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini