Termasuk Robben, 5 Pemain Ini Comeback dari Masa Pensiun

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 12:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 51 2238739 termasuk-robben-5-pemain-ini-comeback-dari-masa-pensiun-MKmZf6SANy.jpg Robben kembali bela Groningen. (Foto: @ArjenRobben)

SEBANYAK lima pemain memutuskan comeback dari masa pensiun. Terbaru, Arjen Robben yang melakukan hal tersebut. Meski sudah memutuskan pensiun sebagai pemain pada musim panas 2019, Robben mengumumkan kembali menjalani profesi sebagai pesepakbola profesional pada pertengahan 2020 dengan bergabung bersama tim masa remajanya, Groningen.

Arjen Robben

(Robben pilih kembali bela Groningen)

Selain Robben, nama kedua ada sosok Lionel Messi. Namun, Messi tidak gantung sepatu secara menyeluruh layaknya Robben, melainkan hanya bersama Tim Nasional Argentina saja. Setelah Argentina kalah di final Copa America 2016, La Pulga –julukan Messi– memutuskan pensiun dari La Albiceleste. Hanya saja, beberapa bulan berselang Messi kembali membela Argentina sekaligus membantu sang negara tampil di Piala Dunia 2018.

Lionel Messi

(Messi sempat pensiun dari Timnas Argentina)

Nama ketiga adalah Zinedine Zidane. Zizou –sapaan akrab Zidane– memutuskan pensiun dari Timnas Prancis kelar Piala Eropa 2004. Kala itu, Zidane kesal karena Prancis tersingkir di perempatfinal Piala Eropa 2004 setelah tumbang 0-1 dari Yunani.

BACA JUGA: Terinspirasi dari Michael Jordan Jadi Alasan Arjen Robben Comeback

Namun, setahun kemudian Zidane melakukan comeback dengan turun di laga uji coba kontra Pantai Gading. Singkat kata, Zidane membantu Prancis lolos ke Piala Dunia 2006. Di ajang empat tahunan tersebut, Zidane pun meloloskan Prancis ke partai puncak, meski akhirnya tumbang dari Italia.

Zinedine Zidane

(Zidane saat menyundul dada Materazzi)

Laga Prancis vs Italia pun menjadi pertandingan pamungkas Zidane di level profesional. Pertandingan Prancis vs Italia berakhir memilukan untuk Zidane. Selain karena Prancis kalah, ia mendapat kartu merah karena kedapatan menyundul dada bek Italia, Marco Materazzi.

Selanjutnya nama keempat ada Paul Scholes. Di pengujung musim 2010-2011, Scholes memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional. Namun, baru pensiun enam bulan, The Ginger Prince –julukan Scholes– melakukan comeback dengan kembali membela Man United pada Januari 2012. Alhasil, Scholes baru benar-benar pensiun pada musim 2012-2013, setelah mengantarkan Setan Merah juara Liga Inggris.

Paul Scholes

(Paul Scholes, mantan gelandang andalan Man United)

Kemudian, nama terakhir adalah gelandang asal Argentina, Juan Sebastian Veron. Sempat pensiun pada akhir 2011 saat membela Estudiantes, Veron membela klub yang sama dari 2013 hingga 2014. Sempat pensiun dari Juli 2014 hingga Januari 2017, Veron comeback membela Estudiantes selama lima bulan (Januari hingga Mei 2017), sebelum akhirnya benar-benar gantung sepatu.

 Veron

(Veron (tengah) saat membela Man United)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini