Share

Brighton vs Arsenal, The Gunners Dihajar The Seagulls

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 45 2233633 brighton-vs-arsenal-the-gunners-dihajar-the-seagulls-DGRcrHEEex.jpg Brighton vs Arsenal (Foto: premierleague.com)

BRIGHTON – Arsenal melakoni matchday ke-30 Liga Inggris musim 2019-2020 dengan bertandang ke markas Brighton & Hove Albion, The American Express Community Stadium, pada Sabtu (20/6/2020) malam WIB. Meski tampil menekan, Arsenal harus rela laga kontra Brighton dengan kekalahan 1-2.

Kekalahan tersebut membuat peluang skuad The Gunners –julukan Arsenal– untuk bisa finis di posisi lima besar pada klasemen akhir Liga Inggris 2019-2020 semakin menipis. Mereka masih tertahan di posisi ke-9 dengan raihan 40 poin dari 30 laga yang sudah dimainkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski bertindak sebagai tamu, Arsenal memulai laga kontra Brighton dengan langsung menerapkan gaya bermain menyerang. Alhasil, Arsenal hampir saja membuka keunggulan di menit ke-8, jika sepakan Bukayo Saka tidak membentur mistar gawang Brighton.

Berjarak 10 menit, Arsenal kembali mendapatkan peluang untuk bisa mencuri keunggulan lebih dahulu dari Brighton. Namun upaya sepakan spekulasi yang dilepaskan oleh Nicolas Pepe masih belum menemui sasaran.

Brighton yang sedari tadi mendapatkan tekanan akhirnya coba keluar menyerang. Berawal dari umpan jauh Dan Burn, bola lalu dikontrol dengan baik oleh Leandro Trossard. Trossard lalu coba melepaskan sepakan first time yang masih mampu dihentikan oleh Bernd Leno.

Brighton vs Arsenal

Pertandingan sudah berjalan 31 menit, Arsenal kembali gagal memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan. Kini giliran Alexandre Lacazette yang gagal memaksimalkan momentum. Ya, sundulan Lacazette usai menerima umpan dari Saka, masih mampu ditepis oleh Mat Ryan.

Ketika pertandingan menyisahkan 4 menit lagi, Brighton hampir saja membuka keunggulan mereka atas Arsenal. Neal Maupay yang bola liar dari sepak pojok, langsung melepsakan sepakan ke gawang Arsenal. Beruntung Emiliano Martinez yang baru masuk untuk menggantikan Leno yang cedera mampu membaca arah bola sepakan dari Maupay tersebut.

Di pengujung babak pertama, Arsenal kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa unggul lebih dahulu. Namun sepakan yang dilepaskan oleh Pierre-Emerick Aubameyang mampu dimentahkan Ryan. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 0-0 masih menghiasi papan skor laga Brighton vs Arsenal.

Babak Kedua

Arsenal sama sekali tidak mengubah gaya bermain mereka di babak kedua laga kontra Brighton. Mereka masih terus menekan pertahanan tim tuan rumah. Bahkan, Arsenal mendapatkan dua peluang emas via aksi Lacazette dan Saka, yang sayangnya masih gagal jadi gol.

Pada menit ke-53, Arsenal sejatinya mampu mencetak gol ke gawang Brighton melalui aksi dari Aubameyang. Namun gol Aubameyang harus dianulir wasit, lantaran penyerang asal Gabon tersebut lebih dahulu berada di posisi offside.

Arsenal akhirnya mampu membuka keunggulan mereka atas Brighton tepatnya pada menit ke-68. Adalah Pepe yang mampu mencatatkan namanya di papan skor, usai sepakan kaki kirinya meluncur deras ke dalam gawang Brighton.

Keunggulan Arsenal sendiri hanya bertahan tujuh menit, lantaran Brighton mampu menyamakan kedudukan melalui aksi dari Lewis Dunk. Memaksimalkan kemelut di mulut gawang Arsenal, Dunk melepaskan sepakan mendatar yang gagal diamankan Martinez.

Brighton vs Arsenal

Laga menyisahkan 8 menit jelang bubaran, Arsenal yang butuh kemenangan terus menekan pertahanan Brighton. Arsenal pun hampir kembali unggul, jika saja upaya sepakan dari Aubameyang tidak digagalkan oleh salah satu bek Brighotn.

Di pengujung laga, lini pertahanan Arsenal justru kecolongan oleh aksi Maupay. Ya, pemain berkebangsaan Prancis tersebut akhirnya mampu menaklukkan Martinez melalui sepakan melambung yang meluncur ke dalam gawang Arsenal. Brighton 2-1 Arsenal.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang dicetak kedua tim. Kubu tuan rumah, Brighton, mampu menyudahi pertandingan dengan kemenangan 2-1 atas tamunya, Arsenal.

Susunan Pemain

Brighton (4-2-3-1): Mat Ryan; Ezequiel Schelotto (Martin Montoya 71’), Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Davy Propper, Yves Bissouma (Alexis Mac Allister 90’); Aaron Mooy (Solly March 46’), Pascal Gross (Aaron Connolly 71’), Leandro Trossard (Dale Stephens 87’); Neal Maupay.

Pelatih: Graham Potter

Arsenal (4-3-3): Bernd Leno (Emiliano Martinez 40’); Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Rob Holding, Sead Kolasinac; Matteo Guendouzi, Dani Ceballos (Joe Willock 87’), Bukayo Saka (Kieran Tierney 87’); Nicolas Pepe (Reiss Nelson 87’), Alexandre Lacazette (Eddie Nketiah 78’), Pierre-Emerick Aubameyang.

Pelatih: Mikel Arteta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini