Degradasi Amiens dan Toulouse FC Ditangguhkan Pengadilan Prancis

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 51 2227247 degradasi-amiens-dan-toulouse-fc-ditangguhkan-pengadilan-prancis-WqFRz3GC8J.jpg Toulouse FC tidak jadi degradasi ke kasta kedua (Foto: Twitter/@ToulouseFC)

PARIS – Amiens dan Toulouse dapat bernafas lega. Sebab, pengadilan administrasi tertinggi di Prancis, Conseil d’Etat, menangguhkan degradasi buat kedua klub tersebut. Meski begitu, banding agar Liga Prancis 2019-2020 dilanjutkan kembali, dibatalkan oleh pengadilan.

Seperti diketahui, Liga Prancis 2019-2020 resmi dihentikan pada April lalu. Sesuai klasemen akhir, Paris Saint-Germain (PSG) keluar sebagai juara. Sementara dua klub, yakni Amiens dan Toulouse, dinyatakan terdegradasi ke kasta kedua.

Baca juga: Liga Prancis 2019-2020 Dinilai Masih Bisa Dilanjutkan

Amiens menggalang dukungan dari penggemarnya di Twitter (Foto: Twitter/@AmiensSC)

Ketika dihentikan, Liga Prancis masih menyisakan 10 pertandingan bagi masing-masing klub. Situasi tersebut lantas membuat Amiens dan Toulouse keberatan. Sebab, keduanya merasa masih memiliki peluang untuk lolos dari jerat degradasi.

Bersama dengan Olympique Lyon, kedua kesebelasan mengajukan banding ke Conseil d’Etat. Sayangnya, pihak pengadilan tetap menyatakan Liga Prancis 2019-2020 dihentikan. Namun, degradasi bagi Amiens dan Toulouse ditangguhkan.

“Tim juri memvalidasi persyaratan yang ditentukan oleh liga, khususnya mengenai klasemen Liga Prancis. Hakim dalam keputusannya menunda degradasi ke kasta kedua bagi Amiens dan Toulouse,” bunyi pernyataan resmi Conseil d’Etat, disitat dari Reuters, Rabu (10/6/2020).

Dengan kepastian Lorient dan RC Lens promosi dari kasta kedua, maka Liga Prancis 2020-2021 kemungkinan besar akan menambah jumlah peserta. Conseil d’Etat sudah meminta operator kompetisi, LFP, untuk meninjau ulang format musim depan. Kasta tertinggi Liga Prancis musim depan bisa saja diikuti oleh 22 klub berdasarkan keputusan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini