nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DFL Bersyukur 4 Klub Jerman Bantu Keuangan Tim Lainnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 15:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 27 51 2189955 dfl-bersyukur-4-klub-jerman-bantu-keuangan-tim-lainnya-zSHjiZ3TtL.jpg Empat tim papan atas bersedia membantu kesebelasan-kesebelasan di bawahnya (Foto: Sportskeeda)

BERLIN – Salah satu dampak buruk wabah virus Corona Covid-19 bagi dunia sepakbola adalah ancaman krisis finansial yang dialami oleh klub-klub kecil. Sebab, klub-klub tersebut biasanya mengandalkan pemasukan dari matchday revenue atau pendapatan harian saat pertandingan. Hal itu coba diminimalisir oleh empat klub Liga Jerman yang sepakat mengumpulkan dana bantuan.

Seperti diketahui, kompetisi Liga Jerman 2019-2020 tengah dihentikan sementara akibat wabah virus Corona Covid-19. Dengan liga yang kemungkinan besar bergulir lagi pada 30 April 2020, klub-klub yang tidak punya dana besar, hampir pasti kesulitan membiayai operasional mereka.

Bayern Munich beserta tiga klub lain memberi bantuan dana

Baca juga: Klub-Klub Raksasa Jerman Sumbang Rp356 Miliar untuk Bantu Keuangan Tim Lain

Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, empat klub papan atas di Liga Jerman 2019-2020 sepakat untuk mengumpulkan dana sebesar 20 juta Euro (setara Rp355 miliar). Dana tersebut nantinya dipakai untuk membantu klub-klub Bundesliga dan Bundesliga 2 yang mengalami kesulitan keuangan.

Keempat klub tersebut, yakni Bayern Munich, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Bayer Leverkusen, rela merogoh kocek masing-masing untuk membantu kesebelasan lainnya. Juru bicara operator Liga Jerman (DFL), Christian Seifert, menyambut baik inisiatif keempat klub tersebut.

“Kampanye ini menunjukkan solidaritas di Bundesliga dan Bundesliga 2 bukan lah lip service belaka. Presidium DFL sangat bersyukur kepada empat partisipan Liga Champions musim ini atas kontribusinya kepada komunitas,” ujar Christian Seifert, dilansir dari Sportskeeda, Jumat (27/3/2020).

Kebetulan, keempatnya memang merupakan wakil Jerman di fase grup Liga Champions 2019-2020. Akan tetapi, hanya tiga klub saja yang melaju ke babak 16 besar karena Bayer Leverkusen tergusur ke fase knockout Liga Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini