nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Gary Neville Matikan Pergerakan Cristiano Ronaldo, Unik Banget!

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 10:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 46 2189714 cara-gary-neville-matikan-pergerakan-cristiano-ronaldo-unik-banget-2LOjhtZAEV.jpg Ronaldo tak berkutik saat menghadapi Valencia. (Foto: @realmadrid)

VALENCIA – Gary Neville sempat mengungkap salah satu cara menghentikan kecepatan Cristiano Ronaldo di atas lapangan hijau. Neville yang kini menjadi pandit di Sky Sports itu menyebut, cara mematikan kecepatan Ronaldo adalah tidak memotong rumput lapangan, sehingga pesepakbola 35 tahun itu kesulitan menggiring bola.

Pada Desember 2015 hingga Maret 2016, Neville sempat didapuk sebagai pelatih Valencia. Dalam periode tersebut, Neville sempat dihadapkan dengan sejumlah tim hebat, salah satunya Real Madrid yang diperkuat Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

Saat itu, Valencia menjamu Madrid di lanjutan pekan ke-18 Liga Spanyol 2015-2016. Neville paham sulit membendung aksi individu dan kecepatan dua winger Madrid, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

BACA JUGA: Rakitic: Ronaldo Salah Satu Pemain Besar dalam Sejarah Sepakbola

Terlebih, dua fullback Valencia saat itu, Antonio Barragan dan Lucas Orban tidak memiliki kecepatan seperti Ronaldo dan Bale. Karena itu, untuk memperlambat lari Ronaldo dan Bale, Neville meminta pengelola Stadion Mestalla untuk tidak memotong rumput dan menyirami untuk sementara waktu. Dengan begitu, laju bola akan menjadi pelan sehingga pergerakan Ronaldo dapat dimatikan.

“Yang paling saya ingat saat itu adalah taktik kami untuk tidak memotong rumput dan tidak menyiraminya dalam beberapa waktu. Hal itu dimaksudkan untuk memperlambat Cristiano Ronaldo dan Bale,” kata Neville mengutip dari Daily Mail, Jumat (27/1/2020).

“Cristiano datang kepada saya sebelum pertandingan dan berkata itu (tidak memotong rumput) memalukan. Saya pun berkata, sulit bagi Anda untuk menggiring bola malam ini,” lanjut Neville.

Strategi yang dijalankan Nevillemembuahkan hasil. Ronaldo gagal mencetak gol dan Valencia sanggup menahan Madrid 2-2. Bahkan, gol penyama kedudukan Valencia tercipta di tujuh menit akhir pertandingan via aksi Paco Alcacer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini