Wali Kota Bergamo Sebut Laga Atalanta vs Valencia Jadi Sumber Utama Penyebaran Corona

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 25 261 2188967 walikota-bergamo-sebut-laga-atalanta-vs-valencia-jadi-sumber-utama-penyebaran-corona-UYNXEQCiw4.jpg Suasana laga Atalanta vs Valencia. (Foto: UEFA)

MILAN – Wali kota Bergamo, Giorgio Iori, percaya pertandingan antara Atalanta melawan Valencia di leg I babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 menjadi sumber utama penyebaran virus corona di Italia dan Spanyol. Hal itu ia percaya karena terlalu banyaknya kontak dari para penonton yang hadir pada laga yang berlangsung di Stadion San Siro tersebut.

Terlebih lagi, pertandingan Atalanta vs Valencia yang berlangsung pada 20 Februari 2020 itu terjadi sebelum kasus pertama ditemukan di Italia. Iori menyebut kasus pertama positif virus corona di Italia terjadi pada 23 Februari atau tiga hari setelah pertandingan itu berlangsung.

Baca Juga: Perangi Virus Corona, Sejumlah Klub Sepakbola di Brasil Tawarkan Stadion untuk Rumah Sakit Darurat

Suasana laga Atalatan vs Valencia

Kehadiran kurang lebih 44 ribu penonton di Stadion San Siro bahkan disebut Iori seperti sebuah bom biologi yang akhirnya menyerang para manusia yang hadir di pertandingan tersebut. Jadi menurut Iori, karena laga Atalanta vs Valencia itulah Italia dan Spanyol pun kini menjadi dua negara Eropa yang paling banyak terserang virus Covid-19 itu.

“Pertandingan itu sebuah bom biologis. Pada waktu itu kami tak apa yang sedang terjadi. Pasien pertama muncul pada 23 Februari. Jika virus corona sudah berpindah, maka 44 ribu lebih fans yang menonton di San Siro bisa terinfeksi juga,” ujar Iori, dilansir dari Marca, Rabu (25/3/2020).

“Tak ada yang tahu virus corona tersebut sudah menyebar di antara kita semua. Virus itu berpindah dari satu orang ke orang lain. Laga itu benar-benar menjadi titik utama wabah virus corona (di Italia dan Spanyol),” tambahnya.

Apa yang dikatakan Iori sebenarnya tidak semua salah. Sebab beberapa pemain Valencia dan pendukung Atalanta yang menyaksikan laga secara langsung sudah dinyatakan positif. Sedangkan dari sisi Atalanta justru baru satu pemain saja, yakni Marco Sportiello yang positif virus corona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini