Resmi Dipecat, Valverde Miliki Catatan yang Cukup Gemilang di Barcelona

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 46 2152587 resmi-dipecat-valverde-miliki-catatan-yang-cukup-gemilang-di-barcelona-tRwiYd9i0g.JPG Ernesto Valverde. (Foto: Twitter Barcelona)

BARCELONA Ernesto Valverde telah resmi dipecat dari Barcelona. Ia dihentikan oleh Blaugrana –julukan Barcelona– lantaran gagal memenuhi ekspetasi para petinggi klub serta fans klub tersebut.

Hasil buruk yang didapatkan Barcelona di beberapa laga terakhir, khususnya kekalahan mereka dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol 2019-2020 membuat pihak klub pun akhirnya memutuskan untuk tak lagi menjalin kerja sama dengan pelatih berusia 55 tahun tersebut.

Tentu ada yang merasa senang dan sedikit sedih mendengar Valverde ditendang dari kursi kepelatihan Barcelona. Apalagi Valverde bisa dikatakan tidak terlalu buruk dalam mengembankan tugasnya di klub tersebut.

Baca Juga: Resmi! Barcelona Pecat Valverde sebagai Pelatih

Valverde saat masih melatih Barcelona

Bahkan sebenarnya catatan yang dimiliki Valverde di Barcelona cukup mengagumkan. Bagaimana tidak, Valverde tercatat berhasil berada di urutan kelima dalam daftar pelatih Barcelona yang mampu meraih persentase kemenangan terbanyak di Liga Spanyol.

Valverde tepatnya berada di urutan kelima dengan 69,5% kemenangan di semua pertandingan Liga Spanyol. Jadi, dari total 95 pertandingannya di Liga Spanyol, Valverde berhasil membawa Barcelona menang sebanyak 66 kali.

Hasil itu jelas membuat Valverde jauh lebih baik ketimbang pelatih-pelatih Barcelona sebelumnya, seperti Frank Rijkaard, Louis van Gaal, dan beberapa nama lainnya. Ia hanya kalah dari Gerardo Martino yang meraih 71% kemenangan, lalu Luis Enrique (76,3%), Josep Guardiola (76,3%), dan Tito Vilanova (92,1%).

Selain masuk ke dalam daftar pelatih terbanyak dalam meraih kemenangan di liga, Valverde juga mampu menjadi juru taktik dengan catatan penampilan awal terbaik. Ia dinobatkan seperti itu karena keberhasilannya membawa Barcelona tak terkalahkan di 36 laga di Liga Spanyol di musim pertamanya. Bahkan dari 36 laga tak terkalahkan itu, 27 di antaranya diraih dengan kemenangan.

Valverde saat masih melatih Barcelona

Satu hal yang membuat Valverde dianggap buruk ketimbang mantan pelatih Barcelona yang lain. Hal tersebut adalah kegagalan Valverde dalam memberikan gelar Liga Champions di waktu 2,5 tahunnya selama menangani Barcelona. Kini, ia pun telah resmi dipecat dan akan digantikan dengan QuiQue Setien.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini