El Clasico Jilid ke-277 Berakhir Tanpa Pemenang

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 46 2143655 el-clasico-jilid-ke-277-berakhir-tanpa-pemenang-7pdCsRlkNg.jpg Barcelona vs Real Madrid (Foto: Twitter Real Madrid)

BARCELONA – Barcelona melakoni lanjutan Liga Spanyol musim 2019-2020 dengan menjamu seteru abadi mereka, yakni Real Madrid, di Estadio Camp Nou, pada Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. Meski tampil menekan, Barca kesulitan untuk bisa membobol gawang Madrid hingga laga usai.

Hasil tersebut pun bukan hasil yang positif untuk Barca. Pasalnya mereka gagal memaksimalkan statusnya sebagai tuan rumah untuk bisa menjauhkan diri dari Madrid di klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020. Kini Barca maupun Madrid sama-sama mengoleksi 36 poin dari 17 laga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski berstatus sebagai tim tamu, Madrid langsung melancarkan serangan mereka pertahanan Barca. Alhasil, Madrid hampir saja membuka keunggulan atas Barca di menit ke-10 melalui aksi dari Karim Benzema. Namun peluang yang didapat Benzema itu urung jadi gol.

Berjarak tujuh menit, giliran Barca yang mendapatkan peluang emas untuk bisa membuka keunggulan mereka atas Madrid. Melihat ada celah di pertahanan Madrid, Frenkie de Jong coba melepaskan sepakan spekulasinya. Tapi tembakan De Jong itu masih belum tepat sasaran.

Pada menit ke-26, Madrid kembali membuat para jantung pendukung Barca berdetak kencang. Kali ini giliran Casemiro yang hampir mencatatkan namanya di papan skor, jika sepakannya gagal diantasipasi oleh Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona vs Real Madrid

Babak pertama berjalan 30 menit, Barca hampir saja mengubah skor jadi 1-0. Berawal dari blunder Thibaut Courtois yang maju untuk meninju bola, si kulit bundar jatuh justru di kaki Lionel Messi. Messi pun langsung melepaskan sepakan ke gawang Madrid, yang sialnya masih berhasil dihalau Sergio Ramos.

Pada saat babak pertama hanya menyisahkan 5 menit lagi, Barca kembali gagal memaksimalkan peluang mereka jadi gol. Kini Jordi Alba yang gagal memaksimalkan peluang emasnya. Meneruskan umpan dari Messi, Alba lalu melepaskan sepakan first time. Namun tembakannya belum tepat sasaran.

Di pengujung babak pertama, Madrid kembali mendapatkan peluang untuk bisa unggul lebih dahulu atas Barca. Namun sepakan spekulasi yang dilepaskan oleh Federico Valverde dari luar kotak penalti Barca masih berhasil dihalau oleh Ter Stegen.

Hingga 45 menit pertama rampung, tidak ada gol yang berhasil dicetak oleh kedua tim. Kedudukan sama kuat 0-0 masih menghiasi papan skor pertandingan antara Barca melawan Madrid ini.

Babak Kedua

Di babak kedua, Barca yang butuh kemenangan demi menjauhkan diri dari Madrid di klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020 langsung mengambil inisiatif serangan. Namun sejumlah peluang yang didapat Barca urung jadi gol.

Babak kedua berjalan 15 menit, Madrid coba keluar dari tekananan. Mereka pun mendapatkan peluang untuk bisa mencuri keunggulan atas Barca via aksi dari Toni Kroos. Tetapi tembakan Kroos dari luar kotak penalti masih mampu dihalau oleh Ter Stegen.

Madrid sendiri sebenarnya mampu membuka keunggulan mereka jadi 1-0 atas Barca melalui gol yang dicetak oleh Gareth Bale. Namun gol Bale tersebut harus dianulir wasit yang memimpin laga lantaran sebelum mencetak gol, Bale sudah lebih dahulu berada di posisi offside.

Pada menit ke-74, Barca kembali gagal memaksimalkan peluang mereka untuk bisa menjadi gol ke gawang Madrid. Kali ini giliran Luis Suarez yang tak mampu memanfaatkan peluangnya setelah sepakan yang dilepaskan olehnya masih mampu dibaca dengan baik oleh Courtois.

Barcelona vs Real Madrid

Berjarak 10 menit, giliran Madrid yang menyia-nyiakan kesempatan mereka untuk bisa unggul atas Barca melalui aksi dari Valverde. Gelandang Uruguay itu coba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Barca. Namun tembakannya masih melambung di atas gawang Barca.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak kedua tim. Kubu tuan rumah, Barca, harus puas menyudahi laga ini dengan skor 0-0 dari tamunya, Madrid.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo (Arturo Vidal 55’), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Ivan Rakitic, Frenkie de Jong; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann (Ansu Fati 83’).

Pelatih: Ernesto Valverde

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde (Luka Modric 81'), Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale, Karim Benzema, Isco (Rodrygo 80’).

Pelatih: Zinedine Zidane

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini