nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Indonesia Jalani Babak Playoff untuk Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 12:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 51 2132156 timnas-indonesia-jalani-babak-playoff-untuk-lolos-ke-babak-ketiga-kualifikasi-piala-asia-IcBZasQViA.jpg Febri Hariyadi saat coba melewati pemain Malaysia. (Foto: PSSI)

KUALA LUMPURTim Nasional (Timnas) Indonesia mengalami kekalahan kelima di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Bertandang ke markas Malaysia, Yanto Basna dan kawan-kawan tumbang 0-2 dari sang lawan.

Akibat kekalahan tersebut, Timnas Indonesia sudah dipastikan gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Meski begitu, Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke Piala Asia 2023. Sekadar informasi, AFC menjadikan Kualifikasi Piala Dunia 2022, juga sebagai ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Malaysia

Nantinya, delapan juara grup dan empat runner-up terbaik (total 12 tim), akan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia 2023 yang digelar di China. Berhubung Piala Asia 2023 diikuti 24 tim, AFC akan mencari 12 tim sisa.

BACA JUGA: Kecewanya Febri Hariyadi Buang Peluang Emas di Laga Malaysia vs Indonesia

Sebanyak 12 tim lainnya itu akan didapatkan dari 24 tim yang berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Lantas, bagaimana AFC menentukan 24 tim yang mentas di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

Sebanyak 24 tim itu akan diambil dari peringkat dua Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang gagal merebut empat tim terbaik (empat tim), peringkat tiga (delapan tim), empat tim dengan peringkat empat terbaik (empat tim) dan delapan tim yang diambil dari babak playoff.

Timnas Indonesia

Peserta babak playoff sendiri (12 tim) diikuti empat tim yang gagal merebut peringkat empat terbaik (empat tim), serta delapan juru kunci grup. Karena itu, jika nantinya Indonesia finis sebagai juru kunci Grup G, mereka masih bisa lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Bagaimana caranya? Caranya adalah memenangi laga playoff yang menggunakan format kandang dan tandang. Potensi Indonesia memenangi laga playoff terbuka lebar. Sebab, mereka hanya akan bersua tim-tim lemah Asia. Ditambah lagi, kekuatan Timnas Indonesia diyakini bakal lebih hebat lagi di babak playoff, karena berpotensi sudah ditangani pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini