nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagus Kahfi Bisa Ikuti Jejak Boaz Solossa di Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 14:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 12 51 2128830 bagus-kahfi-bisa-ikuti-jejak-boaz-solossa-di-timnas-indonesia-k4R0JXrEhe.jpg Bagus Kahfi (paling kiri) bisa ikuti jejak Boaz Solossa. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Usia Amiruddin Bagus Kahfi memang baru berusia 17 tahun. Namun, bukan berarti penyerang 17 tahun itu tidak memiliki kesempatan untuk membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Sebab, saat membela tim nasional kelompok umur baik di level U-16 maupun U-19, kembaran dari Bagas Kaffa itu telah menunjukkan ketajamannya. Ia tercatat menyabet gelar top skor Piala AFF U-16 2018 dan Piala AFF U-18 2019.

Timnas Indonesia U-19

Terbaru, Bagus Kahfi menjadi penentu kelolosan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-19 2020, usai mencetak satu gol ke gawang Korea Utara. Jika tahun depan Bagus Kahfi dipanggil ke Timnas Indonesia, usia penyerang berambut kribo itu baru menyentuh angka 18.

BACA JUGA: Tidak Kalah dari Suphanat Mueanta, Kenapa Bagus Kahfi Belum Dipanggil Timnas Indonesia?

Jika benar dipanggil di usia 18 tahun, Bagus Kahfi akan menyamai pencapaian penyerang Persipura Jayapura, Boaz Solossa. Pada 2004, Boaz dipanggil Timnas Indonesia yang tengah bersiap mentas di Piala Tiger (sekarang disebut Piala AFF). Pemanggilan itu cukup mengagetkan. Sebab, Boaz tidak terikat dengan klub mana pun saat itu, alias belum pernah turun di level profesional.

Pelatih Timnas Indonesia saat itu, Peter Withe, kagum dengan aksi Boaz saat membela Tim Sepakbola Papua yang mentas di PON Palembang 2004. Hebatnya, Boaz tak hanya sekadar menghangatkan bangku cadangan Timnas Indonesia saat itu.

Boaz Solossa

(Boaz sempat jadi kapten Timnas Indonesia)

Ia dipercaya sebagai pemain utama, bersanding dengan Ilham Jaya Kesuma dan Kurniawan Dwi Yulianto di lini depan skuad Garuda. Kesempatan itu pun tidak disia-siakan Boaz, yang mana mampu mencetak empat gol, termasuk mengemas satu bola saat Indonesia menang 4-1 atas Malaysia di Stadion Bukit Jalil.

Karena itu, menarik menanti bagaimana kelanjutan kiprah Bagus Kahfi bersama Timnas Indonesia. Jika Bagus Kahfi tampil apik bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 2020, bukan tak mungkin ia disertakan pelatih skuad Garuda saat turun di Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini