nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Kalah dari Suphanat Mueanta, Kenapa Bagus Kahfi Belum Dipanggil Timnas Indonesia?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 14:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 51 2128823 tidak-kalah-dari-suphanat-mueanta-kenapa-bagus-kahfi-belum-dipanggil-timnas-indonesia-9reJsz1oxq.jpg Bagus Kahfi (tengah) bomber Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Amiruddin Bagus Kahfi merupakan satu penyerang terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Bukti kehebatan penyerang 17 tahun itu tersaji setelah Bagus Kahfi meraih predikat top skor, tepatnya di Piala AFF U-16 2018 dan Piala AFF U-18 2019.

Terbaru, Bagus Kahfi juga tampil memikat bersama Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Ia mencetak gol penentu kelolosan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-19 2020, saat skuad Garuda Nusantara bermain 1-1 kontra Korea Utara.

Timnas Indonesia U-19

Meski memiliki sejumlah catatan impresif, Bagus Kahfi belum mendapat kesempatan untuk membela Timnas senior Indonesia. Penyerang milik Barito Putera U-19 itu hanya mendapat kesempatan berlatih bersama Timnas senior Indonesia, saat mereka bersiap menghadapi Malaysia dan Thailand pada medio September 2019.

BACA JUGA: Hadapi Malaysia, Timnas Indonesia Panggil 4 Pemain Debutan

Saat itu, Bagus Kahfi hanya mendapatkan kesempatan berlatih bersama para seniornya, tanpa dibawa ke pertandingan. Sebenarnya, Bagus Kahfi memiliki kualitas untuk bersanding dengan penyerang-penyerang top Tanah Air lainnya seperti Beto Goncalves dan Greg Nwokolo.

Indonesia bisa meniru Thailand yang sudah memercayai penyerang muda untuk membela tim senior mereka. Pada medio Juni 2019, pelatih Timnas Thailand saat itu, Sirisak Yodyardthai, membawa Suphanat Mueanta yang baru berusia 16 tahun.

Timnas Thailand U-19

(Suphanat sudah bela Timnas senior Thailand)

Sejauh ini, Suphanat yang merupakan anggota Timnas Thailand U-19 memang baru sebatas pemain cadangan di tim senior, yang mana telah mengecap tiga penampilan. Akan tetapi, pengalaman berlatih bersama pemain sekelas Teerasil Dangda dipercaya dapat mempercepat peningkatan kualitas top skor Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 tersebut.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi Timnas Indonesia jika pada awal tahun depan, memanggil Bagus Kahfi ke dalam skuad mereka. Bukan tak mungkin, Bagus Kahfi bisa muncul sebagai andalan Timnas Indonesia saat turun di Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini