nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituding Lakukan Aksi Rasisme, Guardiola Bela Bernardo Silva

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 10:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 25 45 2109056 dituding-lakukan-aksi-rasisme-guardiola-bela-bernardo-silva-obJ4n7X0qr.jpg Bernardo Silva dan Josep Guardiola (Foto: AFP)

MANCHESTER – Penggawa Manchester City, Bernardo Silva, dituding oleh Federasi Sepakbola Inggris (FA) telah melakukan tindakan rasisme terhadap rekan setimnya sendiri, Benjamin Mendy. Tak ayal, kondisi tersebut membuat Manajer Man City, Josep Guardiola, angkat bicara untuk memberi penjelasan.

Insiden ini bermula ketika Silva mem-posting dua buah gambar di akun Twitter pribadinya. Gambar pertama merupakan foto Mendy ketika masih kecil, sedangkan yang kedua adalah gambar logo perusahaan permen Spanyol Conguitos. Silva dituduh melakukan tindakan rasisme karena membandingkan Mendy dengan logo Conguitos yang menyerupai anak berkulit gelap.

Baca juga: Klopp Akui Man City Saingan Terkuat Liverpool di Liga Inggris

Twit Bernardo Silva yang kini telah dihapus

Tujuan Silva mem-posting gambar tersebut sebenarnya hanya untuk bercanda dengan Mendy selaku sahabatnya. Karena menurutnya, Mendy kecil memiliki kemiripan dengan logo Conguitos tersebut. Guardiola pun memahami maksud Silva tersebut dan memberi pembelaan terhadap pemainnya.

“Bernardo adalah salah satu orang paling menyenangkan yang pernah saya temui dalam hidup saya. Dia berbicara empat atau lima bahasa dan itu adalah cara terbaik untuk memahami betapa dia berpikiran terbuka dan salah satu teman baiknya adalah Mendy. Dia (Mendy) seperti saudara baginya,” terang Guardiola, menyadur dari Sky Sports, Rabu (25/9/2019).

"Gambar itu bukan tentang warna kulit. Dia mengambil gambar Benjamin ketika dia masih kecil dan dia menghubungkannya dengan kartun ini, yang sangat mirip dengan gambar itu. Jika mereka ingin melakukan itu (investigasi) dan menanyai Bernardo, saya pikir dia akan terbuka untuk berbicara. Tetapi pertama-tama, Anda harus tahu persis orang yang Anda bicarakan,” lanjutnya.

Bernardo Silva

"Ada banyak situasi dengan orang-orang, dengan orang kulit putih dan Anda melihat kartun dan wajahnya sangat mirip dengan wajah Anda dan Anda menaruhnya di sana, itu hal yang sama. Saya pikir respons dari Mendy jelas setelah itu. Mereka bercanda sepanjang waktu,” tukas Guardiola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini