nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Terakhir yang Menangi Trofi Pesepakbola Terbaik

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 13:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 24 51 2108627 5-pemain-terakhir-yang-menangi-trofi-pesepakbola-terbaik-uo4KJyFpj2.jpg Lionel Messi (Foto: Twitter/@FIFAcom)

LIONEL Messi baru saja dianugerahi gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2019 di Milan pada Selasa (24/9/2019), dini hari WIB. Penghargaan itu menandakan bahwa Messi adalah pemain dengan penampilan paling menawan sepanjang musim 2018-2019.

Catatan 51 gol dan 22 assist serta trofi Liga Spanyol jadi modal utama Messi dalam menyingkirkan dua pesaingnya, Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Virgil van Dijk (Liverpool) pada dini hari tadi. Selain Messi ada pemain lain yang pernah meraih penghargaan serupa dalam lima tahun terakhir.

5. 2015 – Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi (Foto: AFP)

FIFA sebelumnya bekerja sama dengan majalah France Football dalam urusan penghargaan pemain terbaik dunia. Trofi untuk penghargaan itu disebut Ballon dOr. Akan tetapi, kerja sama itu selesai pada 2016 dengan FIFA menelurkan penghargaan pemain terbaik dunia versi sendiri. Sejak saat itu hingga sekarang digunakan istilah Pemain Terbaik FIFA.

Sosok terakhir yang meraih Ballon dOr sebelum FIFA dan France Footbal berpisah adalah Messi pada 2015. La Pulga –julukan Messi– meraih Ballon dOr usai membawa Barcelona menjuarai Liga Spanyol, Copa Del Rey dan Liga Champions dengan torehan 58 gol dan 28 assist pada musim 2014-2015. Waktu itu Messi mengalahkan Ronaldo serta Neymar Jr. Ronaldo saat itu bermain untuk Real Madrid sedangkan Neymar masih berseragam Barcelona.

4. 2016 – Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Cristiano Ronaldo (Foto: AFP)

Ronaldo adalah pesepakbola pertama yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA usai berpisah dengan France Football pada 2016. Ronaldo mampu mengalahkan Messi dan Antoine Griezmann yang waktu itu masih bermain untuk Atletico Madrid.

Ronaldo pada musim 2015-2016 membuat 51 gol dan 21 assist untuk mengantarkan Madrid meraih trofi Liga Champions. Selain itu, Cr7 –julukan Ronaldo– juga mempersembahkan trofi Piala Eropa 2016 untuk Tim Nasional (Timnas) Portugal.

3. 2017 – Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters/Ruben Sprich)

Ronaldo lagi-lagi mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA pada 2017. Ronaldo yang masih bermain untuk Madrid mengantarkan timnya itu untuk membuat sejarah dengan mempertahankan gelar juara Liga Champions. Madrid adalah tim pertama yang mempertahankan gelar juara Liga Champions sejak kompetisi terelite Benua Eropa itu berganti format pada 1992.

Selain itu, Ronaldo juga membawa Madrid menjuarai Liga Spanyol. Ketajaman Ronaldo di depan gawang membuat Madrid berjaya pada musim tersebut. Secara keseluruhan, Ronaldo membuat 42 gol dan 11 assist untuk Madrid di semua kompetisi pada musim itu. Ronaldo mengalahkan Messi serta Neymar yang waktu itu sudah membela Paris Saint-Germain (PSG).

2. 2018 – Luka Modric (Real Madrid)

Luka Modric (Foto: Reuters/John Sibley)

Luka Modric merebut penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2018 setelah menorehkan prestasi di level klub dan internasional. Modric saat itu mengalahkan Cristiano Ronaldo yang baru pindah ke Juventus dan Mohamed Salah milik Liverpool.

Modric sejatinya bahu-membahu dengan Ronaldo guna membawa Madrid mempertahankan gelar juara Liga Champions pada musim 2016-2017. Ronaldo tampil mentereng dengan koleksi 44 gol dan delapan assist-nya untuk Madrid tetapi Modric mencuri perhatian saat membela Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018.

Modric sukses membawa Timnas Kroasia ke pertain puncak untuk berhadapan dengan Prancis. Timnas Kroasia memang kalah dari Prancis tetapi peringkat kedua sudah lebih dari cukup untuk membawa Modric meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2018.

1. 2019 – Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi (Foto: Twitter/@FIFAcom)

Messi akhirnya meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019 setelah empat tahun absen sebagai pesepakbola terhebat. Seperti yang disinggung sebelumnya, Messi terakhir kali dinobatkan sebagai pesepakbola terhebat ialah saat meraih Ballon dOr 2015.

Messi menyudahi penantian panjang itu dengan elegan karena mampu menyingkirkan dua pesaing berat yakni Ronaldo serta Van Dijk. Torehan 51 gol dan 22 assist serta trofi Liga Spanyol membawa Messi meraih Pemain Terbaik FIFA 2019. Momen Messi mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019 jadi lebih spesial karena terjadi di hadapan sang istri, Antonella Roccuzzo, serta kedua anaknya Mateo dan Thiago. Hanya si bungsu, Ciro yang tidak dibawa Messi ke acara tersebut. Penghargaan itu seharusnya menjadi tambahan motivasi agar La Pulga tampil lebih baik lagi musim ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini