nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Takluk 3-4 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-18 Gagal ke Final Piala AFF U-18 2019

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 19:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 51 2093289 takluk-3-4-dari-malaysia-timnas-indonesia-u-18-gagal-ke-final-piala-aff-u-18-2019-IL6qQNk39E.jpg Timnas Indonesia U-18 (Foto: PSSI)

BINH DUONG – Timnas Indonesia U-18 terhenti di babak semifinal ajang Piala AFF U-18 2019. Sempat berjuang hingga babak tambahan, pasukan Fakhri Husaini dakhrinya ikalahkan Malaysia, 3-4 pada laga yang berlangsung di Stadion Binh Duong, Vietnam, Sabtu (17/8/2019) malam WIB.

Jalannya pertandingan

Kedua tim memulai babak pertama dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Indonesia dan Malaysia sepertinya tak i ngin melakukan kesalahan dan lebih memilih untuk bermain lebih sabar di awal pertandingan. Akan tetapi, perlahan kedua tim mulai mengintip peluang.

Indonesia mendapat kesempatan pertama lewat aksi dari Amiruddin Bagus Kahfi pada menit ke-10. Sayang, usaha Bagus masih belum mampu menjebol gawang Timnas Malaysia U-18 kawalan Sikh Izhan. Malaysia yang sempat tertekan merespons dengan bermain lebih keluar.

Malaysia berhasil unggul atas Indonesia di babak pertama. kelengahan pertahanan Indonesia dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Malaysia, Aiman Afit di menit-18 dari sepakan bebas yang lepas dari jebakan offside.

Akan tetapi, Indonesia akhirnya berhasil membuat laga kembali berjalan imbang setelah Beckham Putra berhasil memanfaatkan umpan tarik Fajar Fathur untuk menceploskan bola ke gawang Malaysia. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, para penggawa Indonesia langsung bergerak cepat untuk mengintip peluang ke gawang Malaysia. Laga baru berjalan 23 detik, Supriadi langsung menebar ancaman dengan memanfaatkan kecepatan yang dimilikinya. Sayag, usaha Supriadi masih belum berbuah hasil.

Malaysia yang mencoba bermain lebih sabar justru akhirnya berhasil mencetak gol kedua ke gawang Indonesia. Adalah Luqman Hakim yang berhasil memanfaatkan miss komunikasi pemain bertahan Timnas Indonesia U-18 sebelum akhirnya melepaskan sepakan keras mendatar yang gagal dihalau Ernando. Malaysia kembali unggul 2-1 atas Indonesia.

Indonesia terus berusaha menyamakan kedudukan. Segala upaya dilakukan para pemain depan Indonesia untuk membuat laga kembali imbang. Hasilnya, Fajar Fathur berhasil membongkar tembok kokoh pertahanan 10 menit jelang pertandingan usai.

Berjarak dua menit dari gol Fathur, pendukung Indonesia kembali bersorak saat sepakan keras Salman dari luar kotak penalti gagal dihentikan. Indonesia unggul untuk pertama kalinya di laga ini. Sayang, Malaysia kemudian dengan cepat membalasnya lewat eksekusi penalti Hanth Haiqal jelang laga usai. Skor 3-3 membuat pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Pada babak tambahan, Malaysia tak butuh wakti lama untuk kembali mengubah kedudukan. Kelengahan di awal masa tambahan waktu dibayar dengan sangat mahal. Hant Haiqal kembali masuk papan skor setelah menanduk bola tanpa kawalan, lagi-lagi dari sebuah sepakan bebas di menit 98.

Unggul satu gol membuat Malaysia bertahan habis-habisan. Sementara usaha Indonesia untuk kembali mencetak gol semakin sulit. Skor 3-4 bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-18 2019

Timnas Indonesia U-18: Ernando Ari, Amiruddin Bagas, Alfeandra Dewangga, Bayu Fiqri, Salman Alfarid, David Maulana, Brylian Adama, Fajar Fathur, Bagus Kahfi, Beckham Putra, Moch. Supriadi

Timnas Malaysia U-18: Sikh Izhan, Firdaus Ramli, Haiqal Adam, Azam Azmi, Mukhairi Ajmal, Luqman Hakim, Aidil Azuan, Imam Naszari, Nuh Ashlan, Mohd Nasip, Mohd Aiman

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini