nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Aljazair Juara Piala Afrika 2019 Usai Kalahkan Senegal 1-0

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 04:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 51 2081286 timnas-aljazair-juara-piala-afrika-2019-usai-kalahkan-senegal-1-0-8kTaGxt9zd.jpg Timnas Aljazair melakukan selebrasi (Foto: AFP)

KAIRO – Timnas Aljazair menjadi juara Piala Afrika 2019 setelah mengalahkan Senegal dengan skor 1-0 di partai puncak. Gol semata wayang Aljazair dicetak oleh Baghdad Bounedjah pada menit kedua. Hasil ini membuat Aljazair menjadi juara Piala Afrika untuk kedua kalinya sepanjang sejarah mereka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Laga baru dimulai dan Aljazair langsung tampil menggebrak. Hasilnya tak percuma, karena di menit kedua mereka langsung mencetak gol. Berawal dari Ismael Bennacer yang mengirimkan umpan kepada Baghdad Bounedjah, sang striker pun langsung melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Bola sebenarnya sempat diblok oleh bek Senegal, namun kemudian melambung dan jatuh ke dalam gawang mereka sendiri. Aljazair memimpin 1-0.

Gol cepat Aljazair tersebut lekas menyentak para pemain Senegal. Sadio Mane yang menjadi andalan pun berusaha lebih keras dalam menggalang serangan. Akan tetapi, bukan perkara mudah menembus pertahanan Aljazair. Beberapa kali para pemain Senegal dijatuhkan sebelum bisa merangsek ke dalam kotak penalti.

Hingga memasuki menit ke-25 Senegal tetap kesulitan mendapatkan peluang yang benar-benar bagus. Mane telah berusaha melakukan aksi individu yang membuat tiga pemain Aljazair mengejarnya. Akan tetapi, langkah winger Liverpool itu mendapat sandungan ketika berhadapan dengan Bennacer yang kemudian dibantu pemain Aljazair lainnya. Mane tersungkur, peluang pun hilang.

Pada menit ke-39 Senegal mendapat kesempatan menyamakan skor ketika M’Baye Niang melepaskan tembakan dari jarak 30 yard. Kendati demikian, bola sepakan Niang masih bisa dibendung oleh Rais M’Bolhi. Pada akhirnya, babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Aljazair.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Aljazair masih tetap menampilkan permainan disiplin. Sudah unggul satu gol membuat mereka bermain sabar dan tidak gegabah dalam melancarkan serangan. Meski demikian, Riyad Mahrez dan Bounedjah beberapa kali sempat membuat baris pertahanan Senegal kerepotan.

Di sisi lain, Senegal menjadi lebih gencar dalam menyerang Aljazair. Seperti yang terjadi pada menit ke-57 kala Sadio Mane melepaskan tembakan begitu melihat celah yang terbuka. Hanya saja, sepakannya masih bisa diblok dan belum mampu membuat Senegal menyamakan skor.

Pada menit ke-60 Senegal kembali menekan Aljazair. Kali ini dari sisi kanan, Ismaila Sarr mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Aljazair. Hal itu sempat membuat wasit berpikir untuk memberikan penalti kepada Senegal karena Adlene Guedoura terlihat membelokkan bola dengan tangannya. Akan tetapi, setelah melihat VAR, penalti dibatalkan lantaran tangan Guedioura dianggap tidak aktif.

Meski gagal memperoleh penalti, namun para pemain Senegal tak lantas patah semangat. Seperti yang terjadi di menit ke-83 saat Sarr mendapat kesempatan melepaskan tembakan voli dari dalam kotak penalti. Meski begitu, tembakan yang dilepaskan Sarr justru melambung tinggi di atas mistar gawang. Hingga laga usai, Senegal tetap gagal menyamakan skor. Aljazair pun menjadi juara Piala Afrika 2019.

Susunan Pemain:

Senegal: Alfred Gomis; Lamine Gassama, Cheikhou Kouyate, Salif Sane, Youssouf Sabaly; Badou Ndiaye, Henri Saivet, Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, M’Baye Niang, Sadio Mane.

Aljazair: Rais M’bolhi; Mehdi Zeffane, Djamel Benlamri, Aissa Mandi, Ramy Bensebaini; Adlene Guedioura; Riyad Mahrez, Sofiane Feghouli, Ismael Bennacer, Youcef Belaili; Baghdad Bounedjah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini