nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

De Jong dan De Ligt Jadi Pemain Top, Van der Sar Tak Kaget

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 16:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 16 51 2079676 de-jong-dan-de-ligt-jadi-pemain-top-van-der-sar-tak-kaget-CD3fPujHqu.jpg De Jong (kiri) dan De Ligt (kanan) sama-sama tinggalkan Ajax Amsterdam. (Foto: Gianluca Di Marzio)

AMSTERDAM – CEO Ajax Amsterdam, Edwin van der Sar, tidak kaget melihat Frenkie De Jong dan Matthijs De Ligt kini tumbuh menjadi pemain top. Van der Sar menilai, sejak dulu Ajax berpengalaman mencetak pemain-pemain bintang sehingga meroketnya karier De Jong dan De Ligt bukanlah hal yang mengagetkan.

Sejak dulu, Die Amsterdammers –julukan Ajax– berpengalaman mencetak pemain-pemain top dan kemudian dijual ke klub top Eropa. Sebut saja Johann Cruyff, Dennis Bergkamp, Clarence Seedorf, Patrick Kluivert, Wesley Sneijder, Rafael Van der Vaart dan banyak lagi.

De Jong bergabung bersama Barcelona

(De Jong gabung Barcelona)

Setelah dalam beberapa tahun terakhir absen mencetak pemain top, barulah muncul generasi De Jong dan De Ligt. Performa keduanya mencuat di musim 2018-2019 sehingga mengantarkan Ajax menjadi kampiun Liga Belanda dan Piala Belanda.

BACA JUGA: De Ligt Akan Diresmikan Jadi Pemain Juventus, Direktur Ajax Sudah Konfirmasi

Bahkan di Liga Champions, Ajax mampu lolos ke semifinal sebelum akhirnya kalah dramatis dari Tottenham Hotspur di babak tersebut. Berkat kualitas yang ditunjukkan di musim 2018-2019, De Jong dan De Ligt pun menjadi buruan banyak klub top Eropa.

De Jong kemudian diboyong Barcelona dari Ajax seharga 75 juta euro (Rp1,17 triliun). Kemudian, De Ligt dalam waktu dekat diboyong Juventus juga dengan harga 75 juta euro. Selain dua nama di atas, Ajax juga memiliki sejumlah permata seperti Donny van de Beek dan David Neres.

De Ligt segera gabung Juventus

(De Ligt selangkah lagi gabung Juventus)

“Target Ajax adalah mengembangkan talenta-talenta muda menjadi pemain kelas dunia seperti Cruyff, Bergkamp, Sedoorf dan kini De Jong serta De Ligt. Ketika Anda tidak memiliki dana untuk membeli pemain bintang, Anda harus memiliki cara lain yakni dengan membentuk pemain bintang itu sendiri,” kata Van der Sar mengutip dari Calciomercato, Selasa (16/7/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini