Timnas Futsal Indonesia U-20 Gugur di Semifinal Usai Kalah dari Afghanistan

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 20 51 2068924 timnas-futsal-indonesia-u-20-gugur-di-semifinal-usai-kalah-dari-afghanistan-pd8UEdyhk8.jpg Suasana laga Timnas Futsal Indonesia U-20 vs Afghanistan. (Foto: AFC)

TABRIZ – Langkah Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia U-20 di ajang Piala Asia Futsal U-20 2019 harus terhenti di babak semifinal lantaran kalah dari Afghanistan dengan skor 3-4. Bermain di Pour Sharifi Indoor Stadium, Tabriz, Iran, pada Kamis (20/6/2019) malam WIB, Timnas Futsal Indonesia U-20 harus berjuang hingga babak tambahan.

Timnas Futasl Indonesia U-20 sebenarnya mampu menahan Afghanistan dengan skor 2-2 hingga babak kedua berakhir. Karena itu laga pun berlanjut ke babak tambaha. Namun, di babak tambahan mereka gagal unggul dan justru kalah 3-4. Kendati begitu, Timnas Futsal Indonesia U-20 masih akan tampil di Piala Asia Futsal U-20 2019. Tepatnya mereka bakal kembali bertandingan untuk memperebutkan gelar juara ketiga pada Sabtu 22 Juni 2019 mendatang.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sebenarnya Timnas Futsal Indonesia U-20 mampu tampil menyerang sejak babak pertama baru dimulai. Muhammad Sanjaya dan kawan-kawan bahkan beberapa kali hampir mampu membuat jala gawang Afghanistan bergetar. Namun, pertahanan Afghanistan masih terlalu kuat untuk Timnas Futsal Indonesia U-20. Karena itu semua kesempatan tersebut berhasil dimentahkan oleh Afghanistan.

Terlalu keasyikan menyerang, Timnas Futsal Indonesia U-20 justru kebobolan ketika laga baru berjalan sekira delapan menit. Afghanistan mampu memanfaatkan celah rapuhnya pertahanan Timnas Futsal Indonesia U-20. Terbukti ketiga gol Afghanistan itu terjadi, setidaknya ada dua pemain tim tersebut berdiri bebas di depan gawang Timnas Futsal Indonesia U-20.

Suasana laga Timnas Futsal Indonesia U-20 saat melawan Afghanistan di semifinal Piala Asia Futsal U-20 2019.

Tentu menghadapi dua pemain Afghanistan secara sekaligus bukanlah perkara yang mudah untuk Ahmad Habibie, kiper andalan Timnas Futsal Indonesia U-20. Padahal sejak awal Habibie tampil cukup baik, namun karena tak ada yang membantunya ketika kejadian itu terjadi, ia pun pada akhirnya kebobolan.

Ketika tertinggal 0-1, Timnas Futsal Indonesia U-20 pun tak tinggal diam. Mereka mencoba berbagai cara agar bisa menyamakan kedudukan. Peluang demi peluang mampu Timnas Futsal Indonesia U-20 ciptakan, meskipun terkadang justru merekalah yang diserang. Namun, hingga babak pertama berakhir, nyatanya tak ada lagi gol yang tercipta. Alhasil, Timnas Futsal Indonesia U-20 pun harus rela mengakhiri babak pertama dengan skor 0-1 dari Afghanistan.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Futsal Indonesia U-20 kembali berusaha untuk menyamakan kedudukan. Peluang pertama pun tercipta untuk Tim asuhan Kensuke tersebut ketika wasit baru meniupkan babak kedua dimulai. Namun, peluang emas itu kembali terbuang sia-sia karena buruknya penyelesaian akhir.

Kendati begitu, usaha Timnas Futsal Indonesia U-20 masih terus berlanjut. Peluang demi peluang terus terjadi, namun ketika laga berjalan tiga menit, barulah Timnas Futsal Indonesia U-20 akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Adalah Rizki Xavier yang membuat skor menjadi 1-1.

Akan tetapi, disaat Timnas Futsal Indonesia U-20 baru saja menyamakan kedudukan, Afghansitan nyata berhasil unggul kembali melalui Ali Arab Zada. Alhasil Timnas Futsal Indonesia U-20 pun tertinggal 1-2.

Suasana laga Timnas Futsal Indonesia U-20 saat melawan Afghanistan di semifinal Piala Asia Futsal U-20 2019.

Tertinggal 1-2 membuat Timnas Futsal Indonesia U-20 kembali menampilkan permainan menyerang. Perlahan namun pasti usaha terus dilancarkan dan gol yang ditunggu pun akhirnya terjadi lagi. Timnas Futsal Indonesia U-20 lagi-lagi berhasil memanfaatkan blunder Afghanistan hingga akhirnya bisa mencetak gol. Pemain yang membuat skor menjadi 2-2 itu adalah Agung Pandega.

Sejak skor 2-2, tempo permainan seakan-akan menjadi miliki Timnas Futsal Indonesia U-20. Banyak peluang tercipta melalui kaki Firman, Syaifullah, Sanjaya dan beberapa pemain Indonesia lainnya. Akan tetapi, pertahanan Afghanistan masih cukup kuat untuk menahan gempuran bertubi-tubi dari para pemain Timnas Futsal Indonesia U-20 tersebut. Skor 2-2 pun bertahan hingga laga berakhir dan pertandingan lanjut ke babak tambahan.

Babak Tambahan

Di babak tambahan, perlawanan Timnas Futsal Indonesia U-20 sedikit mengendur. Terbukti di babak pertama waktu tambahan itu Afghanistan mampu mencetak dua gol. Skor pun bertahan 2-4 untuk tertinggalnya tim Kensuke tersebut di babak pertama.

Memasuki babak kedua waktu tambahan, Timnas Futsal Indonesia U-20 mulai menggunakan strategi power play. Berkat taktik tersebut, Indonesia berhasil mempersempit skor menjadi 3-4. Namun, skor tak lagi bertambah. Timnas Futsal Indonesia U-20 gagal meraih kemenangan di semifinal Piala Asia Futsal U-20.

Kendati begitu, Timnas Futsal Indonesia U-20 masih bakal bertanding di Piala Asia Futsal U-20 2019. Tepatnya mereka bakal bersaing memperebutkan gelar juara ketiga dan melawan tim yang kalah di antara pertandingan semifinal lainnya yang mempertemukan antara Jepang vs Iran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini