nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hengkang ke Barcelona, Deretan Trofi Henry Makin Lengkap

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 15:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 17 51 2057012 hengkang-ke-barcelona-deretan-trofi-henry-makin-lengkap-z9FMxQZwmT.jpg Henry memenangi trofi Liga Champions 2008-2009 bersama Barcelona. (Foto: London Evening Standard)

SEWAKTU membela Arsenal dalam kurun 1999-2007, Thierry Henry hampir meraih semua trofi yang bisa dimenangi The Gunners –julukan Arsenal. Tercatat, Henry mengantarkan Arsenal memenangi masing-masing dua trofi Liga Inggris, Piala FA dan Community Shield.

Ada satu trofi yang sangat diidam-idamkan Henry, yakni gelar Liga Champions. Peluang itu sempat terbuka saat London Merah melaju ke final Liga Champions 2005-2006 untuk menghadapi Barcelona.

Sayangnya, kesempatan mengangkat trofi si Kuping Besar yang sudah berada di depan mata hancur berantakan. Hal itu setelah Arsenal tumbang 1-2 dari Barcelona. Kemudian, Henry pun bertekad membawa Arsenal menjadi yang terbaik pada 2006-2007. Akan tetapi, hasil yang didapat jauh dari harapan setelah Arsenal disingkirkan PSV Eindhoven di babak 16 besar.

Pada akhirnya demi memenangi trofi Liga Champions, Henry meninggalkan Arsenal, klub yang telah dibelanya selama delapan tahun. Penyerang berpaspor Prancis itu memutuskan pindah ke Barcelona pada musim panas 2007 seharga 24 juta euro (Rp389 miliar).

Harapannya dengan pindah ke Barcelona, Henry dapat memenangi trofi Liga Champions. Peluang Henry mengangkat trofi si Kuping Besar bersama Barcelona memang lebih besar ketimbang bareng Arsenal. Sebab, saat itu Barcelona dihuni pemain-pemain top macam Ronaldinho Gaucho, Deco Souza dan lain-lain.

Thierry Henry

(Henry saat memenangi trofi Liga Champions bersama Barcelona pada 2008-2009)

Akan tetapi, keinginan Henry membawa Barcelona menjadi yang terbaik di Eropa tidak kesampaian pada musim pertamanya membela Blaugrana. Saat itu, Barcelona racikan Frank Rijkaard dihentikan Manchester United lewat agregat 0-1 di babak semifinal.

Tersingkir di semifinal Liga Champions dan gagal merebut trofi Liga Spanyol, membuat manajemen Barcelona berbenah pada musim panas 2008. Mereka mendepak Ronaldinho, Deco serta Rijkaard. Posisi Rijkaard digantikan eks pemain mereka, Josep Guardiola. Peran Ronaldinho digantikan Lionel Messi dan posisi Deco diisi Xavi Hernandez.

Hasilnya luar biasa, yang mana Barcelona langsung menyabet treble winner pada 2008-2009! Dari tiga gelar yang disabet, satu di antaranya adalah trofi Liga Champions. Gelar juara diraih Barcelona setelah menang 2-0 atas Man United di partai puncak.

infografis Thierry Henry

Dalam perjalanannya menuju tangga juara, Henry pun memiliki kontribusi besar. Dari 10 penampilan, Henry mengoleksi lima gol. Salah satunya tercipta saat Barcelona menang 4-0 atas Bayern Munich di leg II perempatfinal.

Trofi Liga Champions yang dimenangi bersama Barcelona melengkapi deretan gelar Henry. Sebab di level tim nasional, pria yang kini berusia 41 tahun itu terhitung sukses, yang mana mengantarkan Prancis menjadi jawara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini