nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Terbaik dalam Sejarah Sepakbola Prancis, Nomor 1 Sabet 3 Trofi Ballon dOr

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 51 2044126 5-pemain-terbaik-dalam-sejarah-sepakbola-prancis-nomor-1-sabet-3-trofi-ballon-dor-rzGlnhHyq7.jpg Timnas Prancis (Foto: Reuters)

PRANCIS adalah negera yang banyak menelurkan pesepakbola-pesepakbola hebat hingga saat ini. Kaya akan banyak talenta membuat Prancis mampu menjadi kampiun Piala Dunia sebanyak dua kali yakni pada 1998 dan 2018. Selain itu, Prancis juga melengkapi koleksi trofi internasionalnya dengan menjuarai Piala Eropa edisi 1984 dan 2000. Berikut lima pemain berpaspor Prancis terbaik sepanjang sejarah, dikutip dari Sportskeeda, Selasa (16/4/2019).

5. Marcel Desailly

Marcel Desailly (Foto: Sportskeeda)

Marcel Desailly merupakan bek yang amat tangguh pada masanya. Pria berpaspor Prancis itu pernah membela dua tim besar yakni AC Milan dan Chelsea. Akan tetapi, prestasi terbesarnya di level klub tersaji dalam seragam Milan.

Desailly mampu mempersembahkan empat trofi bergengsi untuk Milan yakni dua trofi Liga Italia, satu trofi Liga Champions dan satu trofi Piala Super Eropa. Kesuksesan di level klub juga menular ke level internasional dengan Tim Nasional (Timnas) Prancis. Desailly ialah bagian dari skuad Timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

4. Lilian Thuram

Lilian Thuram (Foto: Sportskeeda)

Lilian Thuram adalah pemain yang bisa beroperasi sebagai bek tengah ataupun bek kanan. Pria yang kini berusia 47 tahun itu merupakan legenda hidup bagi Parma dan Juventus. Kontribusi positifnya mampu memberikan trofi-trofi bergengsi untuk dua klub tersebut.

Setelah menghabiskan masa-masa indah di Liga Italia, eks AS Monaco itu pun pindah ke Barcelona pada pada musim panas 2006. Thuram hanya mampu memberikan trofi Piala Super Spanyol untuk Barcelona sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2007-2008.

Kesuksesan Thuram di level klub juga diteruskannya bersama Timnas Prancis. Thuram merupakan rekan setim Desailly saat membawa Les Bleus –julukan Timnas Prancis– jadi kampiun di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

3. Thierry Henry

Thierry Henry (Foto: AFP)

Thierry Henry adalah sosok yang dianggap dewa oleh sebagian besar fans Arsenal karena kontribusi positifnya selama delapan musim berseragam Meriam London. Selain membela Arsenal, Henry pun pernah berseragam AS Monaco, Juventus, dan Barcelona.

Henry mampu menghadirkan beragam trofi bergengi untuk klub-klub yang dibelanya kecuali saat membela Juventus. Henry pun merupakan bagian dari sejarah sepakbola Prancis saat Les Bleus secara beruntun menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Henry pada waktu itu adalah ujung tombak Timnas Prancis bersama David Trezeguet. Secara keseluruhan, Henry telah menciptakan 360 gol selama berkarier sebagai pemain profesional.

2. Michel Platini

Michel Platini (Foto: Sportskeeda)

Michel Platini jauh lebih dulu terkenal dibandingkan ketiga pemain yang disebutkan sebelumnya. Platini memang gagal memberikan Piala Dunia untuk Timnas Prancis tetapi dia berjasa besar membawa Les Blues jadi yang terbaik di Piala Eropa 1984.

Selain itu, Platini juga mengecap kesuksesan bersama klub-klub yang pernah dibelanya. Puncak karier Platini di level klub tersaji saat berseragam Juventus. Pria berpaspor Prancis itu mendapatkan enam trofi bergengsi dalam balutan seragam Juventus. Catatan itu telah cukup membuat nama Platini selalu dikenang fans Juventus dan rakyat Prancis berkat jasanya.

1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane (Foto: Sportskeeda)

Apabila Henry adalah ujung tombak Timnas Prancis maka Zinedine Zidane merupakan jenderal lini tengahnya. Zizou –julukan Zidane– menjadi aktor utama mengilapnya performa Timnas Prancis di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Kepiawaian Zidane untuk membuat ancaman ke pertahanan lawan membawa Timnas Prancis meraih kejayaannya. Peran vital Zidane untuk Timnas Prancis semakin terlihat saat Zizou cedera di Piala Dunia 2002. Ketiadaan Zidane membuat Timnas Prancis gagal mempertahankan gelar juaranya karena gugur di fase grup. Selain itu, Zidane juga telah mendapatkan semua trofi bergengsi di level klub. Kesuksesan Zidane di level internasional ataupun klub mengantarkannya meraih tiga trofi Ballon dOr.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini