nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Egy Maulana Vikri dan Pemain Vietnam Jadi Top Skor Piala AFF U-19

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042558 egy-maulana-vikri-dan-pemain-vietnam-jadi-top-skor-piala-aff-u-19-U70dbO4Eq0.jpg Egy Maulana Vikri saat menjadi top skor Piala AFF U-18 2017. (Foto: AFF)

PIALA AFF U-19 mulai bergulir sejak 2002. Saat itu, Thailand menjadi kampiun setelah di final mengalahkan Myanmar 4-0. Setelah diselenggarakan sebanyak 16 kali, Thailand tercatat sebagai tim tersukses dengan koleksi lima gelar.

Bagaimana dengan Indonesia? Timnas Indonesia U-19 hanya sekali menjadi yang terbaik pada 2013, tepatnya usai mengalahkan Vietnam via adu penalti dengan skor 7-6 di partai puncak. Meski cuma sekali menjadi yang terbaik, bukan berarti tidak ada yang bisa dibanggakan dari Indonesia.

Egy Maulana Vikri

Soal ukuran mencetak gol terbanyak dalam satu turnamen, pemain Indonesia jadi yang paling tertajam. Status itu disandang Egy Maulana Vikri saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2017 yang berlangsung di Myanmar.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-18 Jalani Pemusatan Latihan Mulai 20 April

Hebatnya, Egy yang kini membela Lechia Gdansk di Polandia itu hanya membutuhkan enam pertandingan untuk mengemas delapan gol. Saat itu, Egy masing-masing mencetak dua gol saat Indonesia menang 2-1 atas Myanmar, 9-0 (Filipina) 8-1 (Brunei Darussalam) dan 7-1 (Myanmar).

Sebenarnya Timnas Indonesia U-19 saat itu sangat dijagokan keluar sebagai juara. Sayangnya, atraktivitas tim asuhan Indra Sjafri dihentikan permainan pragmatis Thailand di semifinal. Saat itu, Indonesia takluk 2-3 dari Thailand via adu penalti.

Akan tetapi, Egy tidak sendirian perihal kemampuan mencetak gol terbanyak dalam satu turnamen Piala AFF U-19. Sebelumnya pada 2011, Nguyen Xuan Nam (Vietnam) lebih dulu melakukannya pada 2011. Pemain yang kini membela Sai Gon itu mengemas delapan gol dari enam pertandingan, sama persis seperti yang dilakukan Egy.

Egy Maulana Vikri

Meski begitu, Egy dan Nguyen Xuan Nam tidak bisa bersantai. Sebab, ada nama Amiruddin Bagus Kahfi yang berpotensi melewati catatan gol mereka. Jika tidak ada aral melintang, Bagus Kahfi akan membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-18 2019 yang berlangsung di Vietnam pada 5-18 Agustus.

Sementara itu, Grab Sebagai Official Mobile Platform Partner, mendukung Timnas Garuda yang bertanding di AFF U-22 Kamboja. Di luar kita beda, di lapangan kita sama #GrabDekatkanPerbedaan #DekatDenganGrab.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini