nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2019 per Februari, Nomor 2 Kandidat Terkuat

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 17:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 51 2014933 calon-peraih-trofi-ballon-dor-2019-per-februari-nomor-2-kandidat-terkuat-QMjv9Ku3Tg.jpg Trofi Ballon dOr yang diperebutkan jutaan pesepakbola di seluruh dunia. (Foto: AFP)

TROFI Ballon dOr 2019 memang baru diumumkan pada Desember tahun ini. Akan tetapi, penilaian sudah dilakukan sejak awal Januari 2019. Bahkan, performa di paruh pertama musim 2018-2019 juga masuk hitungan untuk menentukan siapa pemain yang layak merebut trofi berbentuk bola emas tersebut.

Hingga Februari 2019, setidaknya ada lima nama yang layak bersaing memperebutkan trofi Ballon dOr. Akan tetapi, nama-nama ini bisa saja terpental di bulan-bulan selanjutnya, tergantung performa mereka di sepanjang tahun ini.

Berikut 5 calon peraih trofi Ballon dOr 2019 per Februari:

5. Paul Pogba (Manchester United)

Paul Pogba

Pogba jadi salah satu kunci sukses kebangkitan Man United dalam kurun hampir dua bulan terakhir. Semenjak Man United dipegang Ole Gunnar Solskjaer per Rabu 19 Desember 2018, II Polpo –julukan Pogba– mengemas enam gol dan lima assist.

Hebatnya, gelandang asal Prancis itu meraih catatan di atas hanya dalam sembilan pertandingan. Asalkan membawa Man United menjadi kampiun Liga Champions musim ini, peluang Pogba meraih trofi Ballon dOr 2019 terbuka lebar.

4. Mohamed Salah (Liverpool)

Mohamed Salah

Salah menunjukkan dirinya bukanlah pemain one season wonder. Setelah keluar sebagai top skor Liga Inggris 2017-2018, winger asal Liverpool itu mampu mempertahankan ketajamannya musim ini. Dari 25 pertandingan di Liga Inggris 2018-2019, Salah mengemas 16 gol dan untuk sementara menduduki posisi top skor sementara.

Bagus tidaknya hasil yang diraih Liverpool bahkan ditentukan lewat performa Salah. Terbukti ketika Salah melempem dalam dua laga terakhir, Liverpool hanya meraih hasil 1-1 kontra Leicester City dan West Ham United. Karena itu, ketajaman Salah dibutuhkan Liverpool untuk berprestasi di Liga Inggris dan Liga Champions musim ini.

3. Son Heung-min (Tottenham Hotspur)

Son Heung-min

Anda pasti terheran-heran saat melihat nama Son di daftar ini. Akan tetapi, jika melihat statistik gol winger asal Korea Selatan (Korsel) tersebut, Son memang layak berada di posisi tiga besar.

Dari 19 pertandingan di Liga Inggris 2018-2019, Son mengemas 10 gol. Bahkan, gol-gol mantan pemain Hamburg SV itu kerap membantu Tottenham meraih kemenangan atas sang rival. Ambil contoh pada medio November 2018, yang mana Tottenham menang 3-1 atas Chelsea di Liga Inggris. Saat itu, Son mencetak satu gol sekaligus mengantarkan The Lilywhites merebut tiga angka.

Untuk merebut trofi Ballon dOr 2019, butuh usaha keras bagi Son. Minimal, ia wajib membawa Tottenham menjadi kampiun Liga Inggris, dan mengantarkan tim asuhan Mauricio Pochettino melaju jauh di Liga Champions.

2. Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi

Messi bisa dibilang kandidat terkuat untuk merebut trofi Ballon dOr 2019, setidaknya hingga Februari tahun ini. Dibilang terkuat karena La Pulga –julukan Messi– cukup sukses, baik dalam catatan individu maupun pencapaian tim.

Dari segi individu, Messi telah mengemas 29 gol dan 17 assist dari 28 penampilan. Sementara bersama tim, Messi masih berpeluang mengantarkan Barcelona merebut treble winner. Hal itu karena Barcelona masih eksis di tiga kompetisi, yakni Liga Spanyol, Copa del Rey dan Liga Champions.

1. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

Kylian Mbappe

Mbappe merupakan pesaing terberat Messi untuk merebut trofi Ballon dOr 2019. Sama seperti Messi, Mbappe juga tampil tajam musim ini. Penyerang berkepala plontos itu mengoleksi 22 gol dan 14 assist hanya dari 24 penampilan.

PSG selaku klub yang dibela Mbappe pun masih berpeluang merebut treble winner. Sebab, Les Parisiens –julukan PSG– masih eksis di Liga Champions, Liga Prancis, dan Coupe de France. Jika mengantarkan PSG merebut treble winner, Mbappe berpeluang besar merebut trofi Ballon dOr 2019, setelah sebelumnya menyabet trofi Kopa (gelar untuk pemain terbaik U-21) pada 2018.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini