nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gol Penalti Bawa Jepang Taklukkan Vietnam di Piala Asia 2019

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 22:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 24 51 2009099 gol-penalti-bawa-jepang-taklukkan-vietnam-di-piala-asia-2019-vvQ5aG1qd3.jpg Timnas Jepang (Foto: AFC)

DUBAI – Tim Nasional (Timnas) Jepang bertemu dengan wakil Asia Tenggara, Vietnam pada perempatfinal Piala Asia 2019 di Stadion Maktoum bin Rashid Al Maktoum, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (24/1/2019), malam WIB. Jepang yang amat mendominasi jalannya pertandingan dapat menundukkan Vietnam dengan skor tipis 1-0

Jalannya Pertandingan

Timnas Jepang yang memiliki kualitas pemain di atas Vietman bermain amat baik di pertandingan itu. Penguasaan bola yang dikuasai oleh Tim Samurai Biru –julukan Timnas Jepang– benar-benar membuat Vietnam tertekan. Sementara itu, Vietnam mengandalkan serangan balik untuk memberikan tekanan kepada Timnas Jepang.

Serangan balik Vietnam terbukti amat berbahaya di pertandingan itu. NguyenTrong Hoang bisa melepaskan sepakan keras dari sisi kanan kotak penalti Timnas Jepang pada menit kedelapan. Patut disayangkan, peluang Vietnam itu tak berbuah hasil.

Maya Yoshida (Foto: AFC)

Timnas Jepang balik menekan Vietnam lewat dua peluang sekaligus yang didapatkan Takehiro Tomiyasu dan Genki Haraguchi. Akan tetapi, peluang di menit ke-19 dan 23 itu gagal memberikan keunggulan untuk Timnas Jepang. Setelah itu kedua tim berusaha untuk mendapatkan gol pembuka, tetapi tak ada usaha yang berbuah hasil sehingga babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Pada babak kedua, jalannya pertandingan tak jauh berbeda dari 45 menit pertama, yang mana Timnas Jepang masih mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, kali ini dominasi Timnas Jepang berbuah hasil manis di menit ke-57 karena mendapatkan hadiah penalti dari wasit.

Jepang vs Vietnam (Foto: AFC)

Ritsu Doan yang maju sebagai eksekutor bisa menuntaskan tugasnya dengan baik dari titik putih. Kedudukan pun berubah jadi 1-0 untuk keunggulan Timnas Jepang.

Gol itu membuat Timnas Jepang bermain lebih tenang dibandingkan sebelumnya. Tim Samurai Biru  menurunkan tempo permainan untuk menjaga keunggulannya. Sementara itu, Vietnam berusaha keras untuk mengejar defisit satu gol dari Timnas Jepang.

Vietnam memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan lewat sepakan jarak jauh Phan Van Duc di menit ke-68. Akan tetapi, usaha itu masih bisa diblok oleh barisan pertahanan Timnas Jepang. Setelah itu Vietnam terus berusaha membongkar pertahanan Timnas Jepang, tetapi tak ada peluang yang berbuah gol. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Jepang atas Vietnam tak berubah hingga pertandingan selesai.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini