nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Madrid Rugi Banyak, Alasan Ronaldo Pindah ke Juventus

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 12:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 03 51 1999388 madrid-rugi-banyak-alasan-ronaldo-pindah-ke-juventus-kBtzuKVagk.jpg Ronaldo tinggalkan Madrid karena sang mantan klub di ambang rugi. (Foto: Juventuscom)

MADRID – Banyak isu berseliweran setelah Cristiano Ronaldo memutuskan hengkang dari Real Madrid untuk hengkang ke Juventus pada bursa transfer musim panas 2018. Hal itu mulai dari permintaan kenaikan gaji yang tidak dikabuli, hingga perseteruan Ronaldo dengan presiden Madrid, Florentino Perez.

Akan tetapi, jurnalis The Telegraph Sam Wallace coba mengungkap tabir yang sebenarnya. Wallace menilai, ada alasan kuat mengapa Los Blancos –julukan Madrid– menjual Ronaldo. Manajemen Madrid melakukan hal itu karena terpaksa.

Begini Penampilan Cristiano Ronaldo Ber-jersey Juventus

Sebab, jika Ronaldo tidak dijual, Madrid bisa mengalami kerugian dan terancam melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA. Melepas Ronaldo, berarti Madrid mendapatkan 100 juta euro (Rp1,64 triliun).

BACA JUGA: Tidak Terpilih sebagai Pesepakbola Terbaik Sepanjang Masa, Ini Reaksi Ronaldo

Selain itu, mereka juga bisa berhemat dalam hal pengeluaran gaji, yang mana gaji kotor Ronaldo saat itu mencapai 42 juta euro atau sekira Rp690 miliar per tahun. Dengan menjual Ronaldo, Madrid mendapatkan keuntungan 43 juta euro (Rp707 miliar).

Bagaimana jika manajemen Madrid kekeuh mempertahankan Ronaldo? Mereka bisa mengalami kerugian sebesar 87 juta euro atau sekira Rp1,43 triliun!

Baru Direkrut, Ini 5 Rekor yang Berhasil Ronaldo Pecahkan Bersama Juventus

Karena itu terungkap sudah, mengapa Madrid hanya mendatangkan pemain sekaliber Mariano Diaz untuk menggantikan posisi Ronaldo pada bursa transfer musim panas 2018. Sebab, mereka tidak memiliki cukup dana untuk mendatangkan pemain kelas dunia saat itu.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini