nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diwarnai Gol Bunuh Diri, Man United Kalah Tipis dari Valencia

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 04:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 13 261 1990564 diwarnai-gol-bunuh-diri-man-united-kalah-tipis-dari-valencia-nwiAjSJADS.jpg Valencia vs Man United (Foto: UEFA)

VALENCIA – Manchester United melawat ke Estadio de Mestalla untuk menghadapi Valencia pada matchday pamungkas Grup H Liga Champions 2018-2019, Kamis (13/12/2018) dini hari WIB. Hingga pertandingan berakhir, Man United harus rela takluk 1-2 dari Valencia.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak menit awal, tim tuan rumah sudah melancarkan serangan ke pertahanan Man United. Kendati demikian, pertahanan Man United masih cukup kukuh untuk mengantisipasi setiap serangan Valencia yang dimotori Michy Batshuayi.

Akan tetapi, pertahanan tim asuhan Jose Mourinho itu pada akhirnya harus runtuh juga di menit ke-17, saat Carlos Soler mampu memanfaatkan bola liar hasil umpan silang Santi Mina dari sisi kanan pertahanan Man United. Tim asuhan Mourinho itu pun harus tertinggal satu gol dari Valencia.

Valencia vs Man United (Foto: UEFA)

Akan tetapi, satu gol dari Valencia justru menaikkan tempo permainan Man United yang sebelumnya lebih banyak bertahan. Pertandingan pun menjadi lebih sengit, di mana Man United meladeni permainan terbuka Valencia.

Di menit ke-31, Batshuayi mendapatkan kesempatan emas untuk memperlebar jarak di papan skor untuk Valencia, tetapi sundulan pemain asal Belgia itu masih belum menemui sasaran. Lima menit berselang, giliran Man United balik mengancam lewat sepakan Paul Pogba.

Patut disayangkan, Pogba yang berdiri bebas gagal mengarahkan bola dengan baik sehingga gol untuk Man United urung terwujud. Hingga babak pertama usai, kedua tim saling bergantian melakukan serangan tetapi tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Babak Kedua

Dua menit babak kedua dimulai, pertahanan Man United dengan mudahnya kembali ditembus oleh permainan kolektif Valencia. Kali ini kerja sama apik dari para pemain Valencia membuat Phil Jones yang bermaksud membuang bola justru memasukkannya ke gawang Sergio Romero.

Ini bukan kondisi yang dinginkan Mourinho untuk mengawali babak kedua. Tertinggal dua gol akan membuat pr Man United semakin besar di pertandingan ini, belum lagi permainan The Red Devils –julukan Man United– juga tidak menunjukkan perkembangan berarti dari babak pertama.

Di menit ke-56 dan 60, Soler menunjukkan bahwa dia merupakan momok bagi pertahanan Man United dengan aksi individunya. Beruntung bagi Man United, Ashley Young yang baru masuk pada babak kedua bisa menghentikan pergerakan Soler.

Valencia vs Man United (Foto: UEFA)

Memasuki menit ke-70, para pemain Man United masih belum bisa memongkar pertahanan Valencia. Tampak sekali permainan Man United kurang kreativitas sehingga setiap serangannya gampang untuk dihentikan Valencia.

Usaha Man United untuk mengejar defisit dua gol akhirnya berbuah hasil pada menit ke-86 melalui sundulan pemain pengganti, Marcus Rashford, yang memanfaatkan umpan silang dari Young. Gol dari Rashford membuat Man United lebih banyak menguasai bola untuk melancarkan serangan ke pertahanan Valencia. Akan tetapi, hingga pertandingan selesai tidak ada gol tambahan yang tercipta bagi kedua tim.

Berikut susunan pemain Valencia vs Man United di Liga Champions 2018-2019.

VALENCIA (4-4-2): Jaume Domenech; Cristiano Piccini, Ruben Vezo, Mouctar Diakhaby, Toni Lato; Carlos Soler, Geoffrey Kondogbia, Daniel Parejo, Denis Cheryshev; Michy Batshuayi, Santi Mina.

MAN UNITED (4-3-3): Sergio Romero; Antonio Valencia, Phil Jones, Eric Bailly, Marcos Rojo; Fred, Marouane Fellaini, Paul Pogba; Andreas Pereira, Juan Mata, Romelu Lukaku.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini