nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Langkah PSSI untuk Tangani Pengaturan Skor di Liga 2

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 20:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 30 49 1985230 ini-langkah-pssi-untuk-tangani-pengaturan-skor-di-liga-2-StShhQhBkm.jpg Logo PSSI (Foto: Laman resmi PSSI)

JAKARTA - Isu pengaturan skor di sepakbola Indonesia, khususnya Liga 2, sedang jadi topik pembicaraan hangat saat ini. Isu ini mulai mencuat saat Manajer Madura FC, Januar Herwanto, menuding anggota Komite Eksekutif PSSI, Hidayat, mengajak timnya untuk mengalah ketika melawan PSS Sleman di Stadion Manguwoharjo, pada babak delapan besar Liga 2. Tudingan itu disampaikan Januar saat tampil di salah satu acara televisi swasta yang dipandu Najwa Shihab, Rabu 28 November 2018.

Menanggapi kasus yang terjadi di Liga 2 itu, maka Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan bahwa setiap kasus pengaturan skor yang telah ditemukan oleh Komdis PSSI tengah dalam proses persidangan. Sekedar informasi, PSSI yang bekerja sama dengan Genius Sport (Perusahaan pengelola data-data Olahraga) telah menemukan dua pertandingan yang terkategorikan red flag (kemungkinan besar terdapat pemgaturan skor).

(Baca juga: Manajer Persib Desak Ketum PSSI Edy Rahmayadi Mundur)

Selain dari Genius Sport, ternyata PSSI juga dapat banyak laporan perihal kasus serupa dari berbagai pihak yang berkecimpung di sepakbola nasional. Segala laporan yang didapatkan PSSI dari Genius Sport dan juga laporan berbagai pihak itu akan diproses secara komprehensif pada sidang Komdis PSSI yang saat ini tengah berjalan. Dan Ratu Tisha pun menginformasikan bahwa hasil sidang Komdis PSSI baru bisa diketahui pada minggu depan setelah semuanya rampung.

Diskusi PSSI soal pengaturan skor

"Proses persidangan tengah berjalan tidak hanya satu kasus atau satu orang saja, tetapi secara komprehensif. Jadi kami tidak bisa melihat dua pertandingan, tiga pertandingan, nama orang ini, bukan nama orang ini, tidak seperti itu melihatnya," ujar Ratu Tisha saat dijumpai dalam acara Diskusi 'Citra Negatif Sepakbola Nasional', Jumat (30/11/2018).

"Adanya red flag (dua pertandingan) dari Genius Sport dan banyak juga laporan yang masuk ke PSSI, keterkaitan hal-hal itu akan disidagkan dan prosesnya tengah berjalan. Dan semua itu (hasil persidangan) baru akan terjawab setelah Komdis menyelesaikan semuanya," lanjut Sekjen PSSI tersebut.

Proses persidangan dari Komdis PSSI yang tengah berjalan membuktikan bahwa kasus pengaturan skor memang ada di sepakbola Indonesia saat ini. Meskipun begitu, Ratu Tisha tidak membeberkan secara jelas pertandingan apa saja dan siapa nama-nama pelaku yang terlibat kasus ini.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini