nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan Ronaldo Sulit Raih Trofi Ballon d'Or 2018, Nomor 3 Faktor Utama

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 11 51 1962605 5-alasan-ronaldo-sulit-raih-trofi-ballon-d-or-2018-nomor-3-faktor-utama-hDvyP6S9u6.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

PESEPAKBOLA Cristiano Ronaldo harus rela melepas penghargaan individu versi UEFA dan FIFA. Tetapi nama penggawa Juventus itu masih terus diperbincangkan jelang pengumuman peraih penghargaan Ballon d’Or pada Desember.

Pada musim lalu, pemain megabintang Portugal tersebut disebut sebagai salah satu pemain top dunia. Ia berhasil mengantarkan Real Madrid untuk membuat rekor tiga tahun berturut-turut dengan meraih kemenangan di Liga Champions. Selain itu, ia juga mencetak banyak gol dan mencapai prestasi fantastis dalam kariernya.

Akan tetapi, sama seperti penghargaan UEFA dan FIFA, Cristiano Ronaldo juga memiliki kemungkinan gagal memenangkan penghargaan Ballon d’Or 2018. Lalu apa alasan yang bisa menyebabkan Ronaldo sulit meraih trofi Ballon d’Or 2018. Kali ini Okezone akan mencoba membahasnya.

5. Kegagalan di Kompetisi Domestik

Tak bisa dipungkiri, Ronaldo adalah salah satu pemain paling mengesankan di Liga Champions musim lalu. Ia mengantongi 15 gol dan tiga assist untuk membantu Real Madrid meraih kemenangan tiga kali berturut-turut di Liga Champions.

Akan tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan kepada Ronaldo ketika datang ke tingkat domestik. Meski mampu tampil cemerlang di Eropa, tetapi ia tidak memiliki dampak di kompetisi Spanyol. Ia hanya bisa menyaksikan Barcelona mengalahkan Madrid untuk mengklaim gelar juara di Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Cristiano Ronaldo (Foto: Getty Images)

4. Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 dianggap sebagai panggung terbesar dalam sepakbola. Tidak ada keraguan bahwa itu memiliki pengaruh besar pada penghargaan Ballon d’Or saat ini. Banyak pesepakbola yang muncul menjadi pemain bintang dan menjadi pesaing kuat Ronaldo untuk penghargaan tersebut.

Pemain berposisi penyerang tersebut memiliki ekspektasi kala mentas di Piala Dunia 2018. Ia bahkan memulainya dengan baik. Ronaldo berhasil mencetak gol dalam 2 pertandingan pertama, termasuk hattrick saat Portugal menghadapil Spanyol.

Akan tetapi ia gagal membawa Portugal melangkah lebih jauh dan tersingkir di babak 16 besar. Jika menilik beberapa pemain dunia yang berhasil mengantarkan negaranya hingga ke tahap akhir, Ronaldo bisa saja kehilangan penghargaan Ballon d’Or tahun ini.

Cristiano Ronaldo (Foto: AFP)

3. Luka Modric

Tidak ada keraguan bahwa Modric menjadi ancaman terbesar bagi Ronaldo untuk penghargaan Ballon d’Or tahun ini. Meski sama-sama membantu Madrid meraih gelar juara di Liga Champions musim lalu, tetapi Modric berhasil membawa negaranya, Kroasia tampil mentereng di Piala Dunia 2018.

Modric adalah pemain terbaik selama Piala Dunia 2018 di Rusia. Ia menghasilkan banyak pertunjukan yang memikat dan tampil memakau sebagai tim underdog di Piala Dunia. Sang gelandang pun memiliki peran yang mengesankan dengan membawa Kroasia tampil ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Berbagai penghargaan individu pada tahun ini berhasil direbut Modric termasuk gelar pemain terbaik Eropa dan FIFA 2018. Hal ini juga menjadi ancaman serius bagi Ronaldo yang memiliki ambisi untuk meraih gelar Ballon d’Or yang keenam.

Luka Modric (Foto: Reuters)

2. Kurang Konsisten

Ini adalah salah satu penilaian penting untuk menjadi yang terbaik di dunia. Meski tidak disangkal, Ronaldo tampil luar biasa pada musim allu, tetapi konsistensinya benar-benar dipertanyakan. Ia memiliki awal musim yang buruk untuk kompetisi Liga Spanyol 2017-2018. Ia hanya mampu mencetak dua gol dalam 10 pertandingan pertamanya di Liga Spanyol.

Begitu pun dengan Liga Champions. Tampil menawan di awal kompetisi, tetapi ia gagal menemukan performa terbaik setelahnya. Bahkan Piala Dunia 2018 kembali menjadi bukti bahwa pemain berpaspor Portugal itu tidak mampu tampil konsisten dengan kondisi yang sama seperti di Liga Champions.

Di klub barunya musim ini yakni Juventus, Ronaldo membutuhkan waktu 320 menit sebelum mencetak gol pertamanya. Kurangnya konsistensi mungkin akan menjadi tantangan besar bagi harapannya untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

1. Dominasi Ronaldo-Messi Mulai Runtuh

Jika kita membahas penghargaan Ballon d’Or pada tiga tahun lalu, tidak ada yang ragu bahwa publik akan menyebutkan dua nama teratas yakni Ronaldo dan Lionel Messi. Tetapi tahun ini situasi menjadi berbeda.

Publik dikejutkan dengan tidak adanya nama Messi dalam daftar nominasi tiga terbaik versi UEFA dan FIFA. Lebih mengejutkan lagi, Modric berhasil mengggodol dua penghargaan bergengsi tersebut. Kemenagan itu sekaligus mulai meruntuhkan dominasi Ronaldo-Messi selama 10 tahun terakhir.

Selain Modric, dengan orang-orang seperti Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Mohamed Salah, Eden Hazard, Raphael Varane, dan Kevin De Bruyne, mereka bisa menjadi ancaman bagi Ronaldo-Messi. Ini cukup jelas bahwa para pemain tersebut bisa muncul sebagai pemain yang akan meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Foto: AFP)

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini