Image

5 Pembelian Arsenal pada Musim Panas 2018, Nomor 3 Penakluk Juventus

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 15:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 18 51 1899886 5-pembelian-arsenal-pada-musim-panas-2018-nomor-3-penakluk-juventus-hBMahDmEuE.jpg Para pemain Arsenal saat melakukan sesi latihan (Foto: AFP)

Arsenal belum memberikan konfirmasi terkait siapa yang akan menggantikan posisi Arsene Wenger sebagai juru taktik mereka. Seperti diketahui, Wenger telah membuat keputusan untuk meninggalkan kursi kepelatihannya pada akhir musim ini. Menurut Skysports, Jumat (18/5/2018). Arsenal sedang mengadakan pembicaraan dengan mantan pemain mereka, Mikel Arteta, yang kemungkinan menjadi pelatih mereka berikutnya.

Terlepas dari semua pembicaraan tentang siapa yang akan menjadi pengganti Wenger, klub juga fokus pada pemain baru yang bisa dibuat dalam beberapa minggu mendatang. Sejak Sven Mislnant bergabung dengan The Gunners –julukan Arsenal, pemandu bakat asal Jerman itu telah merekomendasikan banyak pemain kepada pihak manajemen Arsenal.

Setelah mendapatkan hasil yang tidak terlalu bagus pada akhir musim ini, Arsenal sangat membutuhkan perubahan, terutama pada posisi pemain bertahan dan di penjaga gawang. Belum lama ini terdengar kabar tim asal Kota London tersebut tengah fokus mendatangkan lima pemain baru pada bursa transfer musim panas 2018.

Berikut adalah lima pembelian Arsenal pada bursa transfer musim panas 2018, mengutip dari Sportskeeda:

 

5. Bernd Leno (Bayer Leverkusen)

Bernd Leno

(Bernd Leno, Foto: AFP)

Arsenal akhirnya mengerti bahwa klub membutuhkan penjaga gawang baru. Performa Petr Cech yang bergabung pada 2015 lalu cenderung menurun akhir-akhir ini. Belakangan diketahui, Arsenal membidik kiper Bayer Leverkusen, Bern Leno, yang nantinya akan menggantikan posisi Cech.

Kontraknya dengan klub Bundesliga tersebut berlangsung hingga 2020. Akan tetapi, penjaga gawang asal Jerman itu mengatakan ingin pindah ke Emirates Stadium yang merupakan markas Arsenal. Klub telah mengidentifikasi dia sebagai penerus jangka panjang Petr Cech.

Dengan tinggi badan 190 sentimeter, Leno memiliki kelebihan mengantisipasi bola-bola atas. Bahkan Leno memiliki keberhasilan rata-rata mengamankan bola atas mencapai 100 persen. Di Bundesliga musim ini, ia kebobolan rata-rata 1,23 gol dalam 30 penampilannya. Ini jauh lebih baik dari catatan Cech dari 1,41 gol yang kebobolan per pertandingan dalam 32 pertandingan

4. Caglar Soyuncu (Freiburg)

Caglar Soyuncu

(Caglar Soyuncu, Foto: AFP)

Arsenal kemungkinan akan fokus untuk memperkuat pertahanan klub setelah kebobolan 51 gol di Liga Inggris musim ini. Rumor baru-baru ini menyatakan bahwa Arsenal siap untuk menandatangani pemain berkebangsaan Turki, Caglar Soyuncu. Meskipun baru berusia 21 tahun, nama Soyuncu di kompetisi Bundesliga cukup dikenal.

Bek ini bergabung dengan Freiburg pada musim panas 2016 lalu. Sejak saat itu, Soyuncu telajh mencatatkan 50 penampilan bersama Feirbug di ajang Bundesliga. Jika Soyuncu bergabung dengan Arsenal, ia akan menjadi bagian dari investasi jangka panjang klub. Bek muda ini dikenal karena kecepatan dan jangkauan passing-nya.

3. Kalidou Koulibaly (Napoli)

Kalidou Koulibaly

(Kalidou Koulibaly, Foto: AFP)

Arsenal mengatakan tertarik mendatangkan bek tengah Napoli, Kalidou Koulibaly. Memiliki pengalaman yang luas di Serie A, dia bisa menjadi bek yang menjanjikan di Liga Inggris. Koulibaly memiliki banderol senilai 50 juta euro atau sekira Rp834 miliar. Mantan pemain KRC Genk itu akan menjadi salah satu pemain bertahan dengan nilai tertinggi jika Arsenal jadi mendatangkannya pada bursa transfer musim panas 2018 ini.

Koulibaly juga menjadi pahlawan saat Napoli bertandang ke Markas Juventus. Bek asal Senegal itu mencetak gol melalui sundulan kepalanya pada menit ke-90. Gol tersebut dinilai penting karena bisa menipiskan jarak Napoli dengan Juventus menjadi satu angka saja. Praktis, peluang Napoli mencuri scudetto dari tangan Juventus saat itu sempat terbuka, meski pada akhirnya tertutup.

Meski begitu, Arsenal harus berusaha keras untuk mendatangkan Koulibaly ke Emirates stadium. Pasalnya, Arsenal bukan satu-satunya klub Liga Inggris yang tertarik untuk mendatangkan Koulibaly. Kabarnya Chelsea dan Liverpool juga tertarik untuk mendatangkan pemain bertahan Napoli tersebut.

2. Sokratis Papastathopoulos (Borussia Dortmund)

Sokratis Papastathopoulos

(Sokratis Papastathopoulos, Foto: AFP)

Pemain Berkebangsaan Yunani ini telah lama dimata-matai oleh Arsenal. Sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2013, ia telah membuat 130 penampilan dan mencetak tujuh gol. Pada saat transfernya ke klub Bundesliga, Dortmund membayar 9,5 juta euro (Rp158 miliar).

Saat ini, bek tengah itu mendekati akhir kontraknya bersama Dortmund. Hal tersebut membuat Arsenal ingin mendapatkannya musim panas ini. Menurut berbagai laporan, Arsenal harus membayar 20 juta euro (Rp333 miliar) untuknya. Jika kesepakatan itu berhasil, ia diharapkan bisa beradaptasi dengan baik dengan Pierre-Emerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan yang juga pernah berseragam Dortmund.

Sokratis memiliki akurasi umpan 87 persen dan rata-ratanya memenangkan duel sebesar 58 persen. Statistik tersebut sedikit lebih baik daripada pemain bertahan Arsenal, Shkodran Mustafi yang memiliki akurasi umpan 86 persen dan memenangkan duel dengan rata-rata 53 persen. Arsenal akan memiliki lini bertahan yang cukup kuat jika bisa mendapatkan Sokratis pada bursa transfer musim ini.

1. Jean Michael Seri (Nice)

Jean Michael Seri

(Jean Michael Seri, Foto: AFP)

Selain fokus memperbaiki lini belakang, Arsenal juga dikabarkan akan mendatangkan pemain tengah milik Nice, Jean Michael Seri. Arsenal dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan agen Jean Michael Seri (Nice) selama seminggu terkait dengan kemungkinan pindahan pemain tersebut ke Emirates musim panas ini.

Selain The Gunners, Chelsea dan Liverpool sama-sama dikatakan tertarik pada pemain 26 tahun tersebut. Berdasarkan statistik, pemain asal Pantai Gading itu telah memainkan 42 pertandingan sepanjang musim ini, mencetak dua gol dan memberikan 10 assist untuk timnya.

Melihat gaya permainannya, Seri bisa menjadi kreator serangan yang baik bagi Arsenal. Tampil bersama Granit Xhaka, mungkin akan menjadi salah satu opsi terbaik jika ia bergabung dengan The Gunners. Mirip dengan Xhaka, Seri sangat bagus dalam mengoper bola dan memainkan umpan-umpan panjang.

Sejak Santi Cazorla cedera, Arsenal tidak memiliki gelandang yang mampu mendikte permainan dari dalam. Seri bisa menjadi pengganti yang dicari oleh Arsenal. Gelandang Pantai Gading memiliki klausul pelepasan 35 juta pounds (Rp668 miliar). Seri mungkin bukan pemain terbaik yang bisa menghentikan permainan lawan-lawan, tetapi kehadirannya pasti mampu memberikan pengaruh besar di lini tengah Arsenal.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini