nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Klopp Sebut Liverpool Tampil Tanpa Tekanan di Liga Champions

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 02:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 261 1899183 klopp-sebut-liverpool-tampil-tanpa-tekanan-di-liga-champions-zp7k1xu5Z8.jpg Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (Foto: AFP)

LIVERPOOL – Tak banyak yang menyangka bahwa Liverpool merupakan tim yang bakal berlaga di final Liga Champions 2017-2018. Maklum saja, pasalnya sebagian besar pihak lebih memfavoritkan tim-tim seperti Barcelona, Bayern Munich, dan juga Juventus untuk tampil di partai final. Namun, hal tersebut nyatanya menjadi keuntungan tersendiri bagi Liverpool, di mana mereka tampil tanpa tekanan.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui bahwa skuad asuhannya hampir di sepanjang gelaran Liga Champions musim ini tampil tanpa mengalami tekanan. Hal itu tentunya dilatarbelakangi pada fakta bahwa Liverpool bukanlah tim yang difavoritkan dalam turnamen tersebut. Ditambah lagi, tim berjuluk The Reds itu baru bisa tampil di babak utama Liga Champions setelah menjalani play-off lebih dulu.

(Baca juga: Mohamed Salah: Saya Belum Setara dengan Messi dan Ronaldo)

Para pemain Liverpool melakukan selebrasi

Selain itu, faktor lainnya yang membuat Liverpool tidak diunggulkan adalah karena pada beberapa musim terakhir, prestasi Liverpool tak bisa dikatakan mentereng, baik itu di Liga Inggris maupun di pentas Eropa. Sebelum ini, terakhir kali The Reds tampil di LIga Champions adalah pada musim 2014-2015.

Pada 2015-2016, Liverpool hanya bisa berlaga di ajang Liga Eropa dan finis sebagai runner-up. Kemudian pada 2016-2017, Liverpool bahkan tak berlaga di pentas Eropa. Dapat dikatakan bisa berlaganya Liverpool di ajang Liga Champions musim ini dibumbui sedikit keberuntungan, karena pada musim lalu mereka harus bertarung hingga partai terakhir Liga Inggris untuk bisa menyegel posisi empat klasemen alias batas akhir untuk memperoleh tiket ke Liga Champions.

Kendati begitu, Klopp menerangkan bahwa Liverpool yang hadir di musim ini adalah Liverpool yang berbeda. Saat ini, pelatih asal Jerman itu menilai kalau Liverpool telah menjadi tim yang benar-benar bagus dan mampu menunjukkan penampilan di level yang tinggi.

 Para pemain Liverpool melakukan selebrasi

“Dalam kasus kami, kami telah memainkan pertandingan Liga Champions tanpa tekanan, hampir di sepanjang waktu. Kami masuk ke kompetisi ini untuk pertama kalinya setelah waktu yang lama dan kami secepatnya menyadari bahwa kami memiliki sebuah peluang,” ungkap Klopp, seperti dilansir oleh Independent, Kamis (17/5/2018).

“Kami bukan orang lain lagi. Kami adalah Liverpool, dalam perjalanan menuju menjadi tim yang benar-benar bagus, dan tampil di level setinggi itu adalah hal yang sangat keren. Untuk meringkas, ini adalag perjalanan yang gila. Namun, bagaimanapun kami telah mendapatkan tempat kami di sini,” tandas Klopp.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini