nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posisi Persib Melesat Usai Taklukkan Persipura 2-0

Oris Riswan, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 20:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 12 49 1897529 posisi-persib-melesat-usai-taklukkan-persipura-2-0-pEfFztyy7z.jpg Pemain Persib Bandung. (Foto: Antara)

BANDUNG - Persib Bandung meraup hasil manis saat melawan Persipura Jayapura. Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (12/5/2018) malam WIB, Persib menang dengan skor 2-0.

Dua gol Persib dicetak duet strikernya, yaitu Ezechiel Ndouassel di babak pertama lewat tendangan penalti dan sepakan Jonathan Bauman di babak kedua. Dua gol itu seolah jadi pembuktian bahwa duet Eze-Bauman benar-benar jadi momok menakutkan bagi lawan.

Sementara atas kemenangan itu, Persib yang sebelumnya ada di peringkat 15, melesat ke posisi tujuh klasemen sementara Liga 1 2018. Maung BandunG –julukan Persib- mengoleksi 11 poin dari tujuh laga yang sudah dilakoni.

Sebaliknya, Persipura masih tetap bertahan di peringkat pertama meski menuai kekalahan. Mereka memiliki 14 poin, terpaut satu poin dari Madura United di peringkat kedua dengan 13 poin.

Jalannya pertandingan

Babak Pertama

Sejak menit awal, kedua tim berusaha tampil menyerang. Tapi, dominasi permainan ada di bawah kendali Maung Bandung –julukan Persib. Peluang emas dimiliki Persib melalui sepakan Ghozali Siregar dari luar kotak penalti pada menit keempat. Bola ditepis kiper Dede Sulaiman dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Semenit berselang, Jonathan Bauman melepas sepakan di kotak penalti. Sial, bola melenceng tipis dari sasaran. Pertarungan berjalan semakin sengit. Beberapa benturan keras terjadi antara pemain kedua tim. Aksi saling serang pun terjadi. Persipura secara perlahan bisa memeragakan permainan menyerang.

Pada menit ke-18, Persipura mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Tapi, tendangan salah seorang pemain Persipura membentur pemain Persib dan menghasilkan tendangan sudut. Persipura mencoba keberuntungan melalui Hilton Moriera pada menit ke-23. Berada di sektor kanan pertahanan Persib, ia melepas sepakan keras. Sayang, bola hasil sepakannya melintas tipis di atas gawang Persib.

(Laga Persib Bandung vs Persipura Jayapura. Foto: Oris Riswan)

(Laga Persib Bandung vs Persipura Jayapura. Foto: Oris Riswan)

GOOLLL!!! Persib unggul 1-0 pada menit 27 setelah Ezechiel Ndouassel sukses mengeksekusi penalti. Bola hasil sepakannya mampu mengecoh kiper Dede Sulaiman. Tendangan penalti sendiri diberikan wasit setelah Ezechiel terjatuh di kotak penalti oleh hadangan pemain belakang Persipura.

Keputusan wasit sempat diprotes pemain Persipura karena Ezechiel dinilai melakukan diving. Tapi, wasit tetap pada keputusannya. Pemain Persipura pun tidak melanjutkan protesnya. Setelah unggul, Persib makin bersemangat menambah keunggulan. Sebaliknya, Persipura tak kendur memberikan tekanan. Tekanan lebih dari 20 ribu Bobotoh –sebutan pendukung Persib- di stadion pun tak membuat mental bertarung Persipura mengendur.

Pada menit ke-40, Febri Hariyadi mengirim crossing tajam ke kotak penalti. Bola disambut sundulan Ezechiel. Bola liar kemudian berusaha disambar Jonathan Bauman. Tapi, upaya itu tidak berbuah manis. Bola melambung di atas gawang Persipura. Bojan Malisic mencoba menambah keunggulan Persib pada menit ke-43. Ia menyambar bola liar hasil tendangan sudut. Keberuntungan tidak berpihak, bola hasil sepakannya justru melambung dari sasaran.

Persipura sendiri tidak menyerah hingga akhir babak pertama. Mereka berusaha membombardir pertahanan Persib. Tapi, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan. Memasuki babak kedua, Persipura melakukan pergantian pemain. M Tahir ditarik keluar digantikan Imanuel Wanggai.

Babak Kedua

Pertarungan di awal babak kedua berjalan cukup sengit. Kedua tim sama-sama memeragakan permainan menyerang untuk memburu gol. Tapi, hingga menit 50, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Menit 51, pergerakan Jonathan Bauman diakhiri umpan ke kotak penalti. Bola disambar Ezechiel yang berada dalam kawalan ketat bek lawan. Tapi, bola hasil sepakannya bergerak pelan sehingga dengan mudah ditangkap kiper Dede Sulaiman.

Persipura nyaris menyamakan kedudukan pada menit 53. Sebuah serangan balik diakhiri sepakan keras Boaz Solossa dari luar kotak penalti. Sial, bola melenceng tipis dari gawang Persib.

GOOLLL!!! Jonathan Bauman menggandakan keunggulan Persib menjadi 2-0 pada menit 65. Gol itu bermula dari pergerakan Ezechiel Ndouassel. Ia merangsek ke kotak penalti. Pergerakannya berusaha dihadang Abdoulaye Maiga.

Bola kemudian memantul ke arah Bauman setelah berusaha disapu Maiga. Dengan cerdik, Bauman langsung melepas sepakan keras yang bersarang di gawang Persipura. Persib belum puas dengan keunggulan yang ada. Menit 68, Supardi Nasir memanfaatkan bola liar hasil tepisan kiper Dede Sulaiman. Di luar kotak penalti, ia menyambut bola dengan sepakan keras. Sial, bola melambung jauh di atas gawang.

Sebaliknya, Persipura belum menyerah. Salah satu upaya mereka adalah melalui Gosner Komboy yang masuk sebagai pemain pengganti. Pada menit 71, Gosner melepas crossing ke mulut gawang. Tapi, bola dengan mudah ditangkap kiper M Natshir.

(Laga Persib Bandung vs Persipura Jayapura. Foto: Oris Riswan)

(Laga Persib Bandung vs Persipura Jayapura. Foto: Oris Riswan)

Menit 79, Marcel Sacramento secara mengejutkan melepas sepakan di luar kotak penalti sambil memutar badan. Bola bergerak kencang ke arah gawang. Beruntung bagi Persib, kiper M Natshir mampu memblok bola. Upaya 'Mutiara Hitam' pun berakhir sia-sia. Persipura belum menyerah. Menit 85, mereka mencoba mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas Hilton Moriera. Sial masih menaungi Persipura, bola melambung jauh di atas gawang Persib.

Persib memberi serangan balik cepat pada menit 86. Pergerakan Jonathan Bauman diakhiri umpan kepada In-Kyun Oh di sektor kanan Persipura. In-Kyun kemudian melepas crossing yang disambut sundulan Ezechiel di kotak penalti. Bola membentur mistar dan gagal berbuah gol.

Hingga laga berakhir, pertarungan kedua tim semakin seru. Serangan demi serangan terus diperagakan. Tapi, skor 2-0 untuk keunggulan Persib bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Persib: M Natshir (GK), Ardi Idrus, Bojan Malisic, Vmmictor Igbonefo, Supardi Nasir (C), Dedi Kusnandar (87' Hariono), Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, In-Kyun Oh, Ezechiel Ndouassel, Jonathan Bauman

Pelatih: Mario Gomez

Persipura: Dede Sulaiman (GK), Abdoulaye Maiga, Boas Atururi, M Tahir (45' Imanuel Wanggai), Yohanies Tjoe, Yustinus Pae, Ian Kabes, Prisca Womsiwor (64' Gosner Komboy), Boaz Solossa (C), Marcel Sacramento (84' Ronaldo Wanma)

Pelatih: Peter Butler

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini