nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buffon Dipaksa Pensiun Lebih Cepat

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 19:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 261 1886342 buffon-dipaksa-pensiun-lebih-cepat-OOxUZfgnS5.jpg Buffon berpotensi dipaksa pensiun lebih cepat. (Foto: REUTERS/Susana Vera)

TURIN – Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, berpotensi dipaksa pensiun lebih cepat dari rencana awal yang diperkirakan pada akhir musim ini. Seperti diberitakan Football Italia, Jumat (13/4/2018), Buffon berpotensi mendapatkan hukuman dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), imbas dari kata-kata kasar Buffon kepada pengadil di laga Real Madrid vs Juventus, Michael Oliver.

Buffon mendapat kartu merah saat Juventus tampil di leg II perempatfinal Liga Champions kontra Madrid, Kamis 12 April 2018 dini hari WIB. Kiper berusia 40 tahun itu mendapat kartu merah karena mempotes keputusan wasit Oliver yang memberikan hukuman penalti kepada Bianconeri –julukan Juventus.

Penalti diberikan karena bek Juventus Medhi Benatia dinilai melakukan pelanggaran terhadap winger Madrid, Lucas Vazquez. Akan tetapi, Buffon melihat itu bukan sebagai pelanggaran dan protes pun dilancarkan.

BACA JUGA: Pirlo Dukung Protes Buffon yang Dilancarkan kepada Michael Oliver

Akibat aksi protesnya tersebut, Buffon pun diusir. Madrid tetap mendapat penalti dan Cristiano Ronaldo selaku eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Meski kalah 1-3, Madrid tetap lolos ke semifinal karena unggul agregat 4-3 atas Juventus.

Selepas pertandingan, Buffon mencak-mencak saat diwawancarai jurnalis. Buffon menyebut wasit Oliver tidak memiliki hati dan layaknya binatang karena telah mengusirnya, plus memberi hukuman penalti kepada Juventus.

Karena itu, jika wasit Oliver melaporkan tindakan Buffon tersebut kepada UEFA, kiper andalan Tim Nasional (Timnas) Italia berpotensi terkena hukuman. Tidak tanggung-tanggung, Buffon berpotensi mendapat larangan tampil di sisa kompetisi domestik yang dijalani Juventus di Liga Italia dan Coppa Italia musim ini.

Hal itu berarti, Buffon takkan tampil di tujuh pertandingan Liga Italia, plus satu laga di Coppa Italia. Dengan begitu seperti yang sudah diutarakan di atas, Buffon seperti dipaksa pensiun lebih cepat.

BACA JUGA: Mantan Wasit Liga Spanyol Pertanyakan Hukuman Penalti untuk Juventus

Disebut-sebut, 2017-2018 merupakan musim terakhir Buffon berkarier sebagai pesepakbola. Usianya yang sudah menginjak 40 tahun jadi pertimbangan Buffon untuk gantung sepatu. Selain itu, kontrak Buffon bersama Juventus juga akan berakhir pada 30 Juni 2018. Akan tetapi hingga saat ini, Buffon belum memperpanjang kontrak bersama si Nyonya Tua.

Meski begitu, bukan tak mungkin jika benar-benar terkena hukuman dari UEFA, Buffon menunda keinginannya untuk pensiun. Jelas ia tak ingin menutup kariernya dengan hal seburuk itu, ditambah lagi Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini