Mantan Wasit Liga Spanyol Pertanyakan Hukuman Penalti untuk Juventus

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 09:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 261 1886031 mantan-wasit-liga-spanyol-pertanyakan-hukuman-penalti-untuk-juventus-4Ta6jLlJms.jpg Cristiano Ronaldo saat mengeksekusi penalti di laga Real Madrid vs Juventus (Foto: AFP)

MADRID – Juventus harus mengubur dalam-dalam impian mereka menjuarai Liga Champions musim 2017-2018. Pasalnya dalam laga leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 2017-2018, Juve harus tersingkir dengan agregat 3-4 dari Real Madrid.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabeu tersebut, Juve memang sempat membuka asa untuk bisa melakukan comeback dari Madrid. Terlebih mereka mampu mengejar defisit tiga gol dari Madrid melalui aksi-aksi dari Mario Mandzukic (dua gol) dan Blaise Matuidi.

Baca Juga: Candaan Owen kepada Buffon Usai Dikartu Merah di Laga Madrid vs Juventus

Akan tetapi sebuah keputusan kontroversial dilakukan oleh wasit yang memimpin pertandingan tersebut, yakni Michael Oliver, pada pengujung laga. Ia memberikan hadiah penalti kepada Madrid setelah Mehdi Benatia dianggap melakukan pelanggaran kepada Lucas Vazquez.

Hal tersebut sontak membuat para pemain Juve melakukan protes kepada Oliver. Bahkan kapten sekaligus penjaga gawang utama Juve, Gianluigi Buffon, harus menerima kartu merah lantaran melakukan protes berlebihan kepada Oliver.

Baca Juga: Poll Dukung Keputusan Oliver yang Beri Hukuman Penalti kepada Juventus

Cristiano Ronaldo yang maju sebagai eksekutor penalti, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Meski pada akhirnya menelan kekalahan 1-3 dari Juve, tim arahan Zinedine Zidane tersebut tetap berhak lolos ke semifinal Liga Champions 2017-2018 dengan agregat 3-4 atas lawannya.

Seusai laga, berbagai tanggapan dari beberapa pihak terkait hadiah penalti Oliver kepada Madrid kencang berbedar. Banyak yang menilai itu adalah sebuah keputusan tepat, namun juga banyak yang mempertanyakan keputusan Oliver memberikan penalti kepada Madrid.

Baca Juga: Michael Oliver, Wasit Muda Nan Berani yang Berikan Hukuman Penalti kepada Juventus

Salah satu yang memberikan komentar terkait kontroversi penalti tersebut ialah mantan wasit Liga Spanyol, yakni Andujar Oliver. Pria berusia 69 tahun tersebut menilai apa yang dilakukan Benatia kepada Vazquez bukanlah sebuah pelanggaran, jadi tak seharusnya Oliver memberikan hadiah penalti kepada Madrid.

“Saya tak melihat adanya kontak serius untuk menjadi sebuah keputusan penalti dalam insiden itu. Saya justru menilai Benatia tak melakukan pelanggaran kepada Lucas, karena ia lebih dahulu menyentuh bola. Jadi jelas itu bukanlah sebuah penalti,” ucap Oliver, seperti disadur dari Marca, Jumat (13/4/2018).

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini