nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guardiola Percaya Man City Masih Bisa Tembus Semifinal Liga Champions 2017-2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 10:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 07 261 1883390 guardiola-percaya-man-city-masih-bisa-tembus-semifinal-liga-champions-2017-2018-6n6ff7ZkF1.jpg Manajer Manchester City, Josep Guardiola (Foto: AFP)

MANCHESTER – Kekalahan dengan skor telak 0-3 yang didapat Manchester City dari Liverpool dalam lanjutan leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2017-2018 tak membuat pelatih The Citizens, Josep Guardiola, berputus asa. Pasalnya, pelatih 47 tahun itu masih memiliki keyakinan kalau skuad asuhannya bisa membalikkan keadaan pada leg kedua.

Bila melihat jumlah gol yang harus dikejar Man City pada leg kedua nanti, hal tersebut memang terdengar sulit. Terlebih lagi, saat ini Liverpool tengah dalam performa positif. Kendati begitu, terdapat beberapa hal yang memunculkan kepercayaan diri Guardiola, mengingat di atas kertas kekuatan Man City dan Liverpool terbilang cukup setara.

(Baca juga: Gerrard Kecewa dengan Tingkah Suporter Liverpool yang Serang Bus Man City)

Hal utama yang membangkitkan rasa optimis Guardiola adalah karena pada leg kedua nanti, Man City akan bertindak sebagai tuan rumah, yakni bermain di Etihad Stadium. Dukungan dari para suporter disinyalir akan menjadi energi tambahan kepada para pemainnya untuk bertanding habis-habisan.

Ditambah lagi, teriakan para suporter Man City di Etihad Stadium juga bisa meruntuhkan mental bertanding para pemain Liverpool, sehingga kubu tuan rumah akan dengan mudah menjalani laga. Selain itu, di musim ini Man City juga memiliki catatan gemilang kala berhadapan dengan skuad asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Pada pekan keempat Liga Inggris 2017-2018, Sergio Aguero dan kawan-kawan nyatanya mampu menang telak atas Liverpool dengan skor 5-0 di Etihad Stadium. Catatan berharga tersebut jelas akan menjadi motivasi bagi para pemain Man City untuk bisa mengulang hal serupa.

Sementara itu, Guardiola sendiri tentunya tak hanya berpangku tangan. Pelatih yang pernah membawa Barcelona berjaya itu menerangkan kalau ia telah menganalisis pertandingan leg pertama. Waktu 90 menit pada leg kedua nanti dinilainya cukup memberi peluang bagi Man City untuk membalikkan keadaan.

“Kami akan mendapatkan peluang kami, sekarang kami memiliki sebuah pertandingan yang penting. Saya meninjau ulang pertandingannya dan Liverpool seperti biasa di Anfield, 15 atau 20 menit terakhir di babak pertama mereka jauh lebih baik. 25 menit pertama dan babak kedua juga bagus. Kami memainkan pertandingan yang bagus. Pintunya hampir tertutup, tapi sedikit terbuka dan mungkin ada ruang untuk kami masuk,” ujar Guardiola, menyadur dari France 24, Sabtu (7/4/2018).

“Ini kompetisi yang berbeda. Kami memikirkan soal pemulihan para pemain, bertanding di hadapan fans kami, menciptakan pertandingan yang bagus dan membuat mereka (Liverpool) di bawah tekanan. Mereka hampir lolos, tapi kami masih memiliki 90 menit,” tutup Guardiola.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini