Babel Bakal Bangun Stadion Bertaraf Internasional Berkapasitas 30 Ribu Penonton

Arsan Mailanto, Jurnalis · Minggu 25 Februari 2018 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 25 49 1864544 babel-bakal-bangun-stadion-bertaraf-internasional-berkapasitas-30-ribu-penonton-Xz3ObQ8e6C.jpg Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. (Foto: Okezone/Arsan Mailanto)

PANGKALAN BARU – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan membangun stadion bertaraf internasional di kawasan Sport Centre GOR Sahabudin, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung, pada 2019. Stadion akan memiliki kapasitas 30 ribu penonton atau setara megahnya kapasitas stadion bertaraf internasional seperti Pakan Sari di Bogor dan Partriot Candrabagha di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Rencana pembangunan stadion bertaraf internasional ini, menjadi angin segar bagi Bangka Belitung yang hendak mengajukan diri sebagai tuan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Sejatinya, memiliki stadion megah merupakan salah satu syarat utama untuk menggelar event sekelas PON. Stadion megah berkapasitas 30 ribu penonton pun menjadi jawabannya.

"Pada 2019, tahun depan itu, kami akan mulai pembangunan stadion bertaraf internasional dengan kapasitas 30 ribu penonton," kata Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, ditemui awak media di sela acara KONI di Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Bangka Belitung, Minggu (24/2/2018).

Menurut dia, dengan kapasitas 30 ribu penonton, fasilitas olahraga berlabel bintangi salah satu pilar penting untuk menyelenggarakan event berskala internasional. Karena itu, Pemprov juga mewajibkan kabupaten/kota untuk membuat taman.

"Dulu rencananya 60 ribu penonton tapi dirasa terlalu besar, karena masyarakat kami itu kan enggak banyak-banyak sekali," ucap Gubernur.

BACA JUGA: Menaker RI Harap Liga Pekerja Indonesia Cetak Bibit Pesepak Bola Nasional

Sementara untuk tahun ini, pemerintah juga akan merehabilitasi GOR. Fasilitas yang akan diperbaiki salah satunya adalah lantai GOR. Tentunya, perbaikan ini tidak akan memakai biaya APBD.

"Lantai GOR akan kami ubah, karena tidak hanya pebulu tangkis internasional saja yang datang di Grand Prix 2018. Saya juga undang NBL datang ke sini supaya ada event basket. Jadi akan ada lantai khusus sehingga pantulan bola lebih mantap dan memenuhi syarat basket dalam skala nasional internasional," tutur Erzaldi.

Demi mencapai hal tersebut, dia mengingatkan bahwa kesiapan SDM harus ditingkatkan. Kepada unsur terkait seperti pelatih, pengurus, ia juga mengingatkan untuk memikirkan aspek lain. Sebab, menurutnya, jika atlet dan pelatih serius, tetapi pengurus tidak jujur dan serius, semuanya akan hancur. Karena itu, semuanya harus kompak dan satu visi misi.

"Jangan sekali-kali kita mengandalkan APBD semua cabang olahraga (cabor) ke depannya kita harus mengandalkan 'bapak angkat', saya tidak mau banyak beban ke APBD. Setiap cabor memerlukan bapak angkat guna mendongkrak prestasi atlet," urainya.

Gubernur juga menyampaikan pembinaan beberapa cabor seperti atletik, taekwondo, dan bulu tangkis, pihaknya sudah mulai membangun sarana olahraga.

"Para cabor ini kami kasih beasiswa, kami sekolahkan. Intinya sudah berjenjang ketika lulus SMA kami kasih beasiswa lagi sekolah olahraga. Untuk cabang lain pakai bapak angkat tapi jangan cederai bapak angkat. Tidak zamannya lagi, pembinaan cabor sifat harus melulu APBD," imbuhnya.

Kata Erzaldi, kalau atlet tidak berprestasi di nasional cukup bermain di bawah provinsi saja. Olahraga ini bukan hanya soal berbicara prestasi, tapi jadikan olahraga sebagai upaya menjauhkan diri dari hal negatif.

"Jadi, insya Allah jenis olahraga lainnya seperti panjat tebing Asia Pasifik sedang kami upayakan juga. Dengan olahraga kami mendatangkan keramaian itu, tentunya akan meningkatkan dari segi perekonomian," harapnya.

"Undang wisatawan untuk datang ke Bangka Belitung, jika mereka ke sini UMKM bisa laku, karena percuma masyarakat bikin makanan getas banyak-banyak ternyata masyarakat Babel sendiri saja yang konsumsi. Kita mengharapkan Babel menjadi destinasi olahraga, semakin banyak event olahraga di sini maka masyarakat Babel ini akan terbiasa sportif," timpal Gubernur.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini