nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persija Jakarta Resmi Jadi Juara Piala Presiden 2018 Usai Tumbangkan Bali United 3-0

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 17 Februari 2018 22:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 17 49 1860944 persija-jakarta-resmi-jadi-juara-piala-presiden-2018-usai-tumbangkan-bali-united-3-0-azyWIJeRgW.jpg Para pemain Persija Jakarta melakukan selebrasi (Foto: Media Persija)

JAKARTA – Persija Jakarta resmi menjadi juara Piala Presiden 2018 usai menumbangkan Bali United dengan skor 3-0 pada laga final, Sabtu (17/2/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Dalam pertandingan kali ini, Persija benar-benar bermain disiplin dan memanfaatkan peluang dengan baik. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu juga mampu meredam berbagai serangan yang dilancarkan oleh Bali United sehingga tetap clean sheet.

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai sudah langsung dengan tempo tinggi. Baik Persija maupun Bali United saling melancarkan jual beli serangan guna mencuri gol pertama lebih dahulu. Seperti yang dilakukan Andhika Wijaya pada menit ketujuh kala menerobos ke wilayah pertahanan Persija dan melepaskan tendangan langsung. Namun begitu, sepakannya masih bisa diamankan Andritany Ardhiyasa.

Sementara itu, Persija mencoba melancarkan serangan dengan melakukan umpan-umpan silang yang diarahkan kepada striker andalan mereka, Marco Simic. Kendati demikian, baris pertahanan Bali United masih mampu membendung setiap serangan tersebut.

Gol pertama dalam laga ini tercipta pada menit ke-20. Tendangan bebas yang dilakukan Rezaldi Hehanusa dari sisi ciri lapangan langsung membuat bola mengarah ke jantung pertahanan Bali United. Dengan sigap Marco Simic pun melompat dan menanduk bola hingga menjebol gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan. 1-0 Persija memimpin.

Unggul satu gol membuat Persija tampil lebih tenang dan percaya diri. Di menit ke-28, kubu Macan Kemayoran kembali mengancam gawang Bali United, kali ini melalui Riko Simanjuntak. Usai melewati tiga pemain Bali United, Riko langsung melepaskan umpan tarik ke muka gawang. Sayang, umpan tersebut masih bisa digagalkan Wawan.

Memasuki menit ke-38, giliran Bali United yang mencoba peruntungannya membobol gawang Persija. Kali ini Ricky Fajrin melepaskan umpan silang yang diarahkan kepada Byung Kyeon. Namun, Andritany lekas keluar dari sarangnya dan segera menyergap si kulit bundar.

Begitu pun yang terjadi satu menit setelahnya, kali ini Fadil Sausu yang mencoba membobol gawang Persija melalui tembakan kerasnya dari luar kotak penalti usai memanfaatkan kesalahan bek Persija yang gagal menyapu bersih bola. Kendati demikian, Andritany kembali menjadi penyelamat dengan menangkap tepat tendangan kencang tersebut.

Alih-alih menyamakan kedudukan, pada menit ke-45+2, Bali United justru kembali kebobolan. Simic benar-benar menjadi momok yang menakutkan mala mini. Tendangan akrobatiknya dari dalam kotak penalti sukses merobek gawang Wawan setelah menerima umpan matang dari Rohit Chand. Babak pertama pun usai dengan skor 2-0 untuk keunggulan Persija.

Babak Kedua:

Babak kedua dimulai dengan serangan yang lebih gencar dilakukan oleh kubu Bali United. Pasalnya, mereka harus bermain lebih menekan guna mencetak gol dan memperkecil ketertinggalan. Sementara di sisi lain, Persija nampak belum puas dengan keunggulan 2-0 mereka, sehingga tetap melancarkan serangan ke wilayah pertahanan Bali United.

Pada menit ke-53, Bali United hampir saja mencetak gol pertamanya di laga ini. Tendangan bebas yang mereka dapat, dieksekusi langsung oleh Fadil Sausu. Sayangnya, Andritany masih sigap di bawah mistar gawang untuk meredam tembakan tersebut.

Satu menit berselang, gantian Persija yang melancarkan serangan. Riko Simanjuntak mengolah si kuliit bundar dengan baik sebelum mengirimkannya kepada Novri Setiawan. Namun sayang, sapakan Novri masih terlampau lemah hingga mudah saja diamankan Wawan Hendrawan.

Memasuki menit ke-63, Persija kembali menambah pundi-pundi golnya atas Bali United. Kali ini Novri Setiawan yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan pendek dari Rohit Chand, Novri lekas berlari ke dalam kotak penalti Bali dan melepaskan tendangan kaki kiri. Kencang, tendangan tersebut tak bisa dibendung Wawan. Persija pun unggul 3-0.

Meski sudah unggul tiga gol, namun Persija tetap tidak mengendurkan serangannya. Kali ini Ismed Sofyan mengirimkan bola ke dalam kotak penalti Bali United dari tendangan bebas pada menit ke-70. Namun sayang, umpan tersebut gagal disambut oleh rekan-rekannya.

Tepat 10 menit berselang, Simic kembali mengancam gawang Bali United. Mendapat umpan lambung dari lini belakang, Simic sukses mengelabui bek Bali United dengan gerakan memutar. Namun saat sang striker melepaskan tendangan datar, bola masih dapat dibendung Wawan.

 Di pengujung laga, tepatnya pada menit ke-89, Riko mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih terlampau lemah, sehingga mudah ditangkap oleh Wawan. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-0 tetap tidak berubah. Persija pun resmi menjadi juara Piala Presiden 2018.

Susunan Pemain:

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman (Gunawan Dwi Cahyo 90’), Jaimerson, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand (Fathurrochman 86’), Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (Fitra Ridwan 83’), Riko Simanjuntak (Rudi Widodo 90’), Novri Setiawan, Marco Simic (Bambang Pamungkas 86’)

Bali United: Wawan Hendrawan, Andhika Wijaya, Demerson Bruno (Made Sukadana 79’), Byung Keon (Ahmad Agung 54’), Ricky Fajrin, Fadil Sausu, Taufik (Irfan Bachdim 62’), Van Der Welden, Yabes Roni (Miftahul Hamdi 62’), Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini