nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manchester City Libas FC Basel 4-0 di St. Jakob-Park

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 05:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 261 1859259 manchester-city-libas-fc-basel-4-0-di-st-jakob-park-OUNJKbft7Q.jpg Para Pemain Manchester City Melakukan Selebrasi (Foto: AFP)

BASEL – Manchester City berpesta gol dengan skor 4-0 kala melawat ke markas FC Basel dalam lanjutan leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017-2018. Bermain menekan sejak awal laga, Basel seolah tak berdaya menhan setiap gempurang yang dilancarkan oleh Man City di laga ini.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Man City langsung bisa mengambil alih permainan, meskipun berlaku sebagai tim tamu. Pada menit kedua, The Citizens sudah mendapat peluang melalui tendangan bebas. Brnardo Silva mengirim bola ke wilayah pertahanan Basel yang kemudian disundul Ikay Gundogan. Namun sayang, Tomas Vaclik masih mampu mengamankan si kulit bundar.

Gol pertama Man City baru tercipta di menit ke-14. Berawal dari Kevin De Bruyne yang mengirimkan umpan ke dalam jantung pertahanan Basel dari sepak pojok, bola pun lekas disundul oleh Gundogan yang berdiri cukup bebas. Kali ini Vaclik tak bisa mengamankan gawangnya lantaran mati langkah. Man City pun unggul 1-0.

Unggul satu gol, membuat Man City semakin trengginas menekan pertahanan Basel. Hasilnya, empat menit berselang skuad asuhan Josep Guardiola itu menggandakan keunggulannya. Kali ini gol dilesakkan oleh Bernanrdo Silva.

Pada awalnya Raheem Sterling berniat mengirimkan umpan lambung kepada Sergio Aguero yang sudah berada di muka gawang Basel. Namun, umpan tersebut dihalau oleh sundulan bek Basel. Sayangnya, bola tersebut jatuh di kaki Bernardo Silva, ia pun dengan tenang sedikit mencungkil bola agar melaju dengan mulus ke dalam gawang. 2-0 Man City unggul.

Memasuki menit ke-23, Man City semakin menunjukkan keperkasaannya atas Basel dengan mencetak gol ketiganya di laga ini. Umpan pendek Fernandinho, dituntaskan dengan baik oleh Sergio Aguero yang melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti. 3-0 Man City tinggalkan Basel.

Meski sudah unggul 3-0, namun nampaknya hal itu tak membuat Man City berpuas diri. Pasalnya, De Bruyne dan kolega tetap menggempur pertahanan Basel. Gol keempat untuk The Citizens pun tak terelakkan tercipta.

Gundogan membuat gol keduanya di laga ini pada menit ke-53. Selepas menerima operan pendek Aguero, Gundogan sempat mengecoh pemain Basel sebelum melakukan tendangan terarah dari luar kotak penalti. Bola tak bisa dijangkau Vaclik, sehingga Man City pun unggul 4-0.

Skor 4-0 pun bertahan hingga pertandingan berakhir. Dengan hasil ini, jelas Basel membutuhkan keajaiban untuk bisa lolos ke babak perempatfinal. Pasalnya, mereka harus mengejar ketertinggalan gol tersebut di markas Man City pada leg kedua nanti.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini