5 Pemain Bintang yang Tolak Gabung Manchester United, Nomor 1 Pilih Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 10:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 12 45 1858157 5-pemain-bintang-yang-tolak-gabung-manchester-united-nomor-1-pilih-barcelona-f0hkK5osbz.jpg Ronaldinho (kiri) pernah tolak gabung Man United. (Foto: AFP/Lluis Gene)

TAK ada yang meragukan bahwa Manchester United salah satu klub sepakbola tersukses di dunia. Man United mengoleksi 20 trofi Liga Inggris dan merupakan yang terbanyak ketimbang klub Inggris lain. Sementara di antara klub-klub Inggris lain, The Red Devils –julukan Man United– meraih trofi Liga Champions terbanyak kedua di bawah Liverpool, yakni tiga gelar.

Melihat sederet gelar di atas, banyak pesepakbola berlomba-lomba menampilkan performa terbaik agar nantinya dapat dibeli Man United. Namun, ada juga beberapa pesepakbola yang enggan bergabung dengan Man United. Padahal saat itu Man United sedang hebat-hebatnya. Siapa saja mereka?

Berikut 5 pemain bintang yang tolak gabung Manchester United:

5. Alan Shearer

(Foto: AFP/Adrian Dennis)

Shearer berstatus sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah bergulirnya Liga Primer Inggris. Sepanjang kariernya, Shearer meraih satu trofi Liga Inggris, tepatnya bersama Blackburn Rovers pada 1994-1995. Andai saja bergabung dengan Man United, jumlah trofi yang disabet Shearer dipercaya akan jauh lebih banyak.

Pada musim panas 1992, pelatih Man United Sir Alex Ferguson berupaya memboyong Shearer dari Southampton. Akan tetapi alih-alih bergabung dengan Man United, Shearer justru memilih melanjutkan karier bersama Blackburn. Kesempatan ditangani Kenny Dalglish yang sukses besar bersama Liverpool ditengarai jadi alasan utama Shearer memilih Blackburn.

4. Karim Benzema

(Foto: REUTERS/Paul Hanna)

Benzema tampil trengginas bersama Olympique Lyon dalam kurun 2005-2009. Dari 146 penampilan, ia mengemas 66 gol. Hal itu membuat Benzema diincar klub-klub besar Eropa seperti Man United, Inter Milan dan Real Madrid.

Namun, Benzema lebih memilih bergabung dengan Madrid setelah ditebus dengan mahar 31,5 juta pounds atau sekira Rp593 miliar. Alasan Benzema bergabung dengan Madrid karena klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu merupakan klub yang diidolainya sejak berusia 15 tahun.

3. Steven Gerrard

(Foto: AFP/Peter Parks)

Pada 1993 atau ketika usianya 13 tahun, Gerrard menjalani trial di Manchester United. Ia lolos tes dan akan dikontrak selama tujuh tahun. Namun, Gerrard tak jadi bergabung dengan Man United dan memilih masuk akademi Liverpool.

Kemudian ketika naik ke tim senior, Man United yang ditangani Ferguson kembali membidik Gerrard pada musim 2002-2003. Akan tetapi, lagi-lagi tawaran tersebut ditolak Gerrard. Padahal, Gerrard merupakan fans sejati dari Ferguson.

2. Gareth Bale

(Foto: AFP/Ian Kington)

Pada musim panas 2007, Bale didatangkan Tottenham Hotspur dari Southampton. Padahal, saat itu Bale juga diincar Man United yang mencari pelapis sepadan bagi Patrice Evra untuk mengawal sisi kiri pertahanan.

Bale pun mengungkapkan alasannya lebih memilih Tottenham. Sebab dengan hengkang ke Tottenham, peluang Bale untuk bermain sebagai pemain reguler terbuka lebar. Beda halnya jika ia bergabung dengan Man United yang berpotensi membuatnya terpendam di bangku cadangan.

1. Ronaldinho Gaucho

(Foto: REUTERS/Ed Sykes)

Ronaldinho pernah hampir bergabung dengan Man United pada musim panas 2003. Saat itu, negosiasi antara klub Ronaldinho yakni PSG dengan Man United sudah memasuki tahap akhir. Akan tetapi, salah satu kandidat Presiden Barcelona pada 2003, Sandro Rosell, menawarkan Ronaldinho untuk bergabung dengan timnya, jika dirinya terpilih sebagai pelatih Barcelona.

Ronaldinho yang ingin mengikuti jejak Romario Faria, Ronaldo Luiz dan Rivaldo langsung mengiyakan tawaran tersebut dan transfer pun terealisasi. Akan tetapi, saat itu yang memenangi pemilihan Presiden Barcelona bukanlah Rosell, melainkan Joan Laporta.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini