Image

3 Posisi yang Harus Dibenahi Manchester United, Nomor 1 Paling Krusial

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 11 45 1843663 3-posisi-yang-harus-dibenahi-manchester-united-nomor-1-paling-krusial-IhLC3KXaQU.jpg Para pemain Manchester United (AFP)

PADA bursa transfer musim panas 2017, Manchester United mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membangun skuad mereka. Sebut saja nama-nama rekrutan anyar mereka seperti Romelu Lukaku yang diboyong dengan harga 76 juta pounds, Nemanja Matic dengan harga 40 juta pounds, serta Victor Lindelof 31 juta pounds.

Meski telah menghabiskan dana besar, namun nyatanya hal tersebut masih belum berjalan sebanding dengan raihan Man United musim ini. Pasalnya, klub berjuluk The Red Devils itu masih kesulitan mengimbangi laju Manchester City yang berlari kencang sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris 2017-2018.

Tak ada yang memungkiri bahwa kini skuad Man United dihuni oleh nama-nama besar, seperti Paul Pogba dan David De Gea. Kendati demikian, klub yang bermarkas di Old Trafford itu disebutkan masih memiliki kekurangan di beberapa lini. Berikut adalah tiga posisi yang harus dibenahi Man United agar bisa menjadi tim yang benar-benar solid.

3. Gelandang Serang

(Foto: Mesut Ozil/AFP)

Diboyongnya Romelu Lukaku dengan harga fantastis pada bursa transfer musim panas 2017 tentunya dimaksudkan untuk meningkatkan daya serang Manchester United. Pasalnya, pada musim 2016-2017, Man United kerap mengalami kebuntuan mencetak gol sehingga lebih sering mendapat hasil imbang daripada kemenangan.

Lukaku yang selama ini memiliki catatan apik untuk menjebol gawang lawan dari area kotak penalti, pada awalnya diharapkan bisa menjadi juru gedor Setan Merah. Namun begitu, apa yang ditunjukkan Lukaku pada musim ini nyatanya masih berada di bawah ekspektasi banyak pihak.

Lukaku sendiri memiliki penampilan yang tidak konsisten. Ketiadaan seorang gelandang serang kreatif pun disinyalir menjadi penyebabnya. Pasalnya, karena tak memiliki gelandang serang kreatif, Man United kerap mengalami kebuntuan dalam melakukan serangan. Tak ayal, Lukaku pun tak mendapat suplai bola dengan baik, sehingga tak mampu menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Sejauh ini, nama gelandang serang Arsenal, Mesut Ozil, disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk mengisi kekosongan posisi di Man United tersebut. Terlebih lagi, kontrak Ozil bersama Arsenal akan berakhir pada 30 Juni 2018, dan hingga saat ini belum memperbaruinya.

2. Wing-back Kiri

(Foto: Danny Rose/AFP)

Posisi berikutnya yang kertap menjadi kelemahan Manchester United adalah wing-back kiri. Sebenarnya Jose Mourinho memiliki sejumlah nama pemain yang bisa mengisi posisi wing-back kiri. Namun, harus disayangkan karena di antara nama-nama tersebut tak ada yang mampu menjalankan tugas dengan maksimal.

Mourinho sebenarnya menaruh banyak harapan pada Luke Shaw. Kendati demikian, bek berkebangsaan Inggris itu justru lebih sering berkutat dengan cedera. Meski saat ini Shaw telah kembali merumput, namun tak ada yang menjamin sang pemain bakal bertahan berapa lama, mengingat catatannya selama ini yang rentan terserang cedera.

Sebagai pengganti Shaw, Man United sebenarnya masih memiliki nama Daley Blind. Namun, pemain berpaspor Belanda itu kerap tampil buruk. Bahkan, untuk mengisi kekosongan wing-back kiri, Mourinho kerap menempatkan Ashley Young di posisi tersebut. Padahal, Young semua berposisi sebagai winger kiri. Nama-nama seperti wing-back kiri Tottenham Hotspur, Danny Rose, dan Ryan Bertrand dari Southampton pun masuk dalam radar Setan Merah.

1. Winger Kanan

(Foto: Lucas Moura/AFP)

Mungkin tak banyak orang yang menyadari bahwa sepanjang musim 2017-2018 berlangsung, sebagian besar serangan-serangan yang dibangun Manchester United berasal dari sisi kiri. Ya, sebagian besar serangan Man United dibangun oleh Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Sementara itu, posisi winger kanan Man United yang diisi oleh Antonio Valencia, justru jarang menciptakan peluang untuk bisa membobol gawang lawan. Ketimpangan antara dua sisi sayap tersebut tentunya harus segera dibenahi oleh Man United apabila ingin tampil kompetitif.

Pasalnya, The Red Devils tentu saja tidak bisa hanya mengandalkan sisi kiri mereka dalam mengkreasikan serangan. Terlebih lagi, mereka akan menghadapi klub-klub tangguh di ajang Liga Champions, di mana keseimbangan tim menjadi senjata utama untuk bisa memetik kemenangan.

Juan Mata sebenarnya sempat diplot sebagai winger kanan. Namun, karena posisi awalnya merupakan seorang gelandang tengah, maka Mata justru lebih sering berada di area tengah ketimbang bermain melebar. Sejauh ini, terdapat nama winger Chelsea, Willian Borges, serta winger Paris Saint-Germain (PSG), Lucas Moura, yang dinilai dapat mengisi kekosongan di posisi sayap kanan Man United itu.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini