Share

5 Penampilan Terbaik Ronaldo di Laga El Clasico, Nomor 1 Jadi Raja di Camp Nou

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 21 Desember 2017 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 46 1833908 5-penampilan-terbaik-ronaldo-di-laga-el-clasico-nomor-1-jadi-raja-di-camp-nou-KNgcg2ZOSR.jpg Ronaldo sering bobol gawang Barcelona. (Foto: AFP/Josep Lago)

CRISTIANO Ronaldo memiliki ambisi tinggi akhir pekan nanti, saat Real Madrid menjamu Barcelona di lanjutan pekan 17 Liga Spanyol 2017-2018, Sabtu 23 Desember 2017 malam WIB. Pesepakbola berusia 32 tahun itu bertekad membawa Los Blancos –julukan Madrid– menundukkan Barcelona. Sebab jika Madrid kalah di pertandingan nanti, bisa dibilang mereka harus mengatakan sayonara terhadap trofi Liga Spanyol 2017-2018.

Hingga pekan 16 Liga Spanyol 2017-2018, Madrid tertahan di posisi empat dengan koleksi 31 angka. Mereka terpaut 11 poin dari Barcelona di puncak klasemen. Untuk meraih kemenangan, Madrid bisa bergantung kepada Ronaldo.

Kapten Tim Nasional (Timnas) Portugal itu merupakan pemain Madrid dengan koleksi gol terbanyak di el clasico. Dari 28 penampilan, ia mengemas 17 gol. Dari 17 gol yang dicetak, ada momen di mana Ronaldo menampilkan performa luar biasa. Kapan saja?

Berikut 5 penampilan terbaik Ronaldo di laga el clasico:

5. Final Copa del Rey 2010-2011

(Foto: Sportskeeda)

Musim 2010-2011 bisa dibilang Madrid begitu inferior terhadap Barcelona. Mereka sempat kalah 0-5 dari Barcelona di Estadio Camp Nou dalam pertandingan Liga Spanyol. Selain itu, Madrid juga disingkirkan Barcelona di semifinal Liga Champions.

Namun, setelah kalah di dua ajang itu, Madrid tak ingin takluk di turnamen lain: Copa del Rey. Madrid dan Barcelona bertemu di partai puncak. Hingga waktu normal 90 menit berakhir, skor sama kuat 0-0. Madrid akhirnya mampu memenangi pertandingan dengan skor 1-0, berkat sundulan Ronaldo di menit 103.

Memanfaatkan umpan silang Angel Di Maria, Ronaldo mengungguli Adriano Coreira untuk menyundul bola ke gawang Barcelona kawalan Jose Pinto. Trofi Copa del Rey 2010-2011 merupakan gelar pertama Ronaldo bersama Madrid.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Pekan 35 Liga Spanyol 2011-2012

(Foto: Sportskeeda)

Musim ini merupakan musim terakhir Josep Guardiola bersama Barcelona. Namun, Lionel Messi dan kawan-kawan gagal memberikan kado perpisahan indah kepada Guardiola karena tak mampu memberikan trofi Liga Spanyol 2011-2012. Salah satu penyebab kegagalan mereka menjadi juara di musim tersebut karena takluk 1-2 dari Madrid, saat bermain di kandang dalam lanjutan pekan 35.

Madrid unggul lewat gol Sami Khedira pada menit 17. Kemudian pada menit 70, Alexis Sanchez mampu menyamakan kedudukan. Namun, skor imbang hanya bertahan 139 detik.

Memanfaatkan umpan teroboson Mesut Ozil, Ronaldo lebih cepat mendahului pemain belakang Barcelona sebelum menaklukkan Victor Valdes. Pada akhirnya Madrid menjadi juara dengan koleksi 100 angka, unggul sembilan poin dari Barcelona di posisi dua.

3. Leg II Piala Super Spanyol 2012

(Foto: Sportskeeda)

Pada leg I yang berlangsung di Camp Nou, Madrid takluk 2-3 dari Barcelona. Kemampuan mencetak banyak gol di laga tandang dimanfaatkan betul oleh Madrid. Ketika bermain di kandang sendiri pada leg II, mereka langsung tampil menggebrak.

Hasilnya positif setelah pada menit 11, Madrid membuka keunggulan lewat Gonzalo Higuain. Berselang delapan menit, giliran Ronaldo yang memperdaya Valdes. Hal itu setelah sebelumnya Ronaldo memenangi duel dengan Gerard Pique. Barcelona sebenarnya mampu mempertipis kedudukan menjadi 1-2 lewat gol Messi. Meski agregat sama 4-4, Barcelona kalah agresivitas gol tandang dari Madrid.

2. Pekan 7 Liga Spanyol 2012-2013

(Foto: Sportskeeda)

Duel ini bisa dibilang pertempuran Ronaldo vs Messi. Baik Messi dan Ronaldo sama-sama mencetak brace (dua gol) dan membuat laga yang digelar di Estadio Camp Nou itu berakhir 2-2. Ronaldo layak diberi apresiasi lebih karena tampil di kandang lawan.

Selain itu, keberhasilan merobek gawang Barcelona membuat Ronaldo tercatat enam kali beruntun mencetak gol di el clasico. Hal itu membuat Ronaldo tercatat sebagai pesepakbola pertama yang mampu meraih catatan tersebut.

1. Semifinal Copa del Rey 2012-2013

(Foto: Sportskeeda)

Pada semifinal leg I yang berlangsung di Bernabeu, skor sama kuat 1-1. Meski hanya mendapatkan hasil imbang di kandang, Madrid tak minder saat bermain markas lawan pada leg II. Memanfaatkan strategi serangan balik, Madrid unggul lebih dulu saat tampil di leg II.

Laga baru berjalan 13 menit, Madrid sudah unggul 1-0 lewat gol penalti Ronaldo. Sebelumnya, penalti diberikan karena Ronaldo dilanggar Pique di kotak terlarang. Gol tersebut rupanya memantik semangat Madrid. Madrid menambah satu gol tambahan pada menit 57 dan Varane 11 menit berselang. Sementara Barcelona hanya mampu mempertipis keadaan menjadi 1-3 via Jordi Alba di pengujung laga.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini