Image

SOCCERPEDIA: Satu-satunya Klub yang Turunkan Pemain dari 11 Negara Berbeda di Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 12:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 261 1826596 soccerpedia-satu-satunya-klub-yang-turunkan-pemain-dari-11-negara-berbeda-di-liga-champions-IC7Tv79E37.jpg Ilustrasi Arsenal 2006-2007. (Foto: AFP/Chris Young)

ARSENAL jadi satu-satunya klub yang menurunkan pemain dari 11 negara berbeda di Liga Champions. Momen itu dilakukan The Gunners –julukan Arsenal– saat tampil di matchday pertama Grup G Liga Champions 2006-2007 pada 13 September 2006.

Di awal pertandingan, pelatih Arsene Wenger menurunkan pemain dari 10 negara berbeda. Hal itu karena ada dua pemain yang berasal dari negara sama, yakni Pantai Gading. Dua pemain asal Pantai Gading itu ialah Emmanuel Eboue dan Kolo Toure.

Akan tetapi, Toure mengalami cedera di 28 menit pertandingan dan digantikan pemain asal Inggris, Justin Hoyte. Keputusan Wenger itu yang akhirnya membuat Arsenal turun dengan 11 pemain dari negara yang berbeda-beda.

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Klub Terakhir yang Juara Liga Champions meski Tampil dari Kualifikasi

Saat itu, pos penjaga gawang ditempati Jens Lehmann (Jerman). Selanjutnya pemain belakang diisi Eboue (Pantai Gading), Johan Djourou (Swiss), Hoyte (Inggris) dan William Gallas (Prancis).

Untuk lini sentral, diisi kuartet Tomas Rosicky (Republik Ceko), Cesc Fabregas (Arsenal), Alexander Hleb (Belarusia) dan Gilberto Silva (Brasil). Sementara itu, dua bomber kembar dipercayakan kepada Robin van Persie (Belanda) dan Emmanuel Adebayor (Togo).

Keputusan Wenger memainkan nama-nama di atas pun berefek positif. London Merah mengakhiri laga dengan skor 2-1. Saat itu gol-gol Arsenal dicetak Gilberto Silva pada menit 12 dan Rosicky (53’).

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Negara dengan Jumlah Kota Terbanyak yang Memenangi Trofi Liga Champions

Sementara gol tunggal Die Rothosen –julukan Hamburg– dicetak pemain yang sempat bermain untuk Madura United, Boubacar Sanogo di akhir pertandingan. Meski akhirnya lolos sebagai juara Grup G, kiprah Arsenal di Liga Champions 2006-2007 terhenti di 16 besar.

Saat itu mereka dikalahkan wakil Belanda, PSV Eindhoven, dengan agregat 1-2. Padahal di musim sebelumnya, Arsenal berstatus sebagai runner-up, setelah ditumbangkan Barcelona 1-2 di partai puncak.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini