Image

Swedia, Negara Penghancur Mimpi Belanda dan Italia ke Piala Dunia 2018

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 11:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 51 1813672 swedia-negara-penghancur-mimpi-belanda-dan-italia-ke-piala-dunia-2018-cEbaySrv51.jpg Swedia gagalkan mimpi Belanda dan Italia. (Foto: AFP/Marco Bertorello)

SWEDIA ambil bagian di Piala Dunia 2018 Rusia. Penampilan di Rusia merupakan yang ke-13 bagi tim asal Skandinavia tersebut. Sebelumnya, penampilan terakhir Swedia di Piala Dunia ialah pada edisi 2006. Saat itu Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan terhenti di 16 besar setelah dikalahkan Jerman 0-2.

Dalam usahanya lolos ke Piala Dunia 2018, tim asuhan Janne Andersson tidak melaluinya dengan mudah. Marcus Berg dan kawan-kawan tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 bersama Prancis, Belanda, Swedia, Luksemburg, Bulgaria dan Belarusia.

Di empat laga awal, Swedia meraih hasil yang tidak bagus-bagus amat. Dalam periode itu mereka hanya mengemas tujuh angka. Namun, titik balik Swedia tercipta di matchday delapan dan sembilan.

BACA JUGA: Italia Gagal Tampil di Piala Dunia 2018, 4 Penggawa Veteran Langsung Gantung Sepatu

Swedia berturut-turut menang dengan skor meyakinkan, yakni 4-0 atas Belarusia dan 8-0 kontra Luksemburg. Hasil itu membuat Swedia bisa dibilang hampir menyegel posisi runner-up untuk tampil di playoff. Sebab Swedia hanya akan tergelincir dari posisi dua besar jika kalah 0-7 dari runner-up Piala Dunia di edisi 1974, 1978 dan 2010, Belanda.

Benar saja, Swedia hanya kalah 0-2. Meski meraih kemenangan, Der Oranje –julukan Belanda– gagal finis dua besar dan harus membuang mimpi Arjen Robben dan kawan-kawan untuk tampil di Rusia. Gagal tampil di Piala Dunia 2018 membuat Belanda belum kunjung meraih trofi di turnamen antarnegara paling prestisius itu.

BACA JUGA: Meski Gagal Bawa Italia Berlaga di Piala Dunia, Gian Piero Ventura Belum Undurkan Diri

Selanjutnya di partai playoff, Swedia ditempatkan di posisi non-unggulan. Apesnya, undian mempertemukan mereka dengan Italia. Awalnya, hal itu membuat Swedia teringat tragedi empat tahun lalu, di mana Swedia dikalahkan Portugal di babak playoff.

Namun lewat perjuangan keras, Swedia menundukkan Italia dengan agregat 1-0. Setelah menang 1-0 di leg I, Victor Lindelof dan kawan-kawan menahan Italia 0-0 di Stadion San Siro, Milan. Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 merupakan yang pertama bagi Italia dalam 60 tahun terakhir.

Gagal tampilnya Italia bak bencana bagi sepakbola Negeri Piza. Sebab Italia merupakan salah satu tim tersukses di Piala Dunia dengan koleksi empat gelar. Bahkan kegagalan melaju ke putaran final membuat empat pesepakbola legenda Italia yakni Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini dan Daniele De Rossi memutuskan pensiun.

BACA JUGA: Italia Absen di Piala Dunia 2018, De Rossi Akui Keunggulan Swedia

Padahal jika Italia mampu menjuarai Piala Dunia 2018, Italia akan menyamai koleksi lima gelar milik Brasil. Karena itu, Swedia bisa ditahbiskan sebagai negara penghancur mimpi Belanda dan Italia.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini