Image

Italia Gagal Tampil di Piala Dunia 2018, 4 Penggawa Veteran Langsung Gantung Sepatu

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 09:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 51 1813623 italia-gagal-tampil-di-piala-dunia-2018-4-penggawa-veteran-langsung-gantung-sepatu-OSpe45YH2p.jpg Timnas Italia (Foto: AFP)

MILAN – Gagalnya Timnas Italia melaju ke babak utama Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia, membuat empat penggawa mereka langsung memilih untuk gantung sepatu alias pensiun. Keempat pemain tersebut adalah Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, serta Daniele De Rossi.

Keempat pemain tersebut merasa masa-masa mereka bersama tim nasional telah berakhir. Hal itu memang terbilang bukan suatu yang mengejutkan, mengingat usai para pemain tersebut yang telah melewati usia emasnya.

(Baca juga: Meski Gagal Bawa Italia Berlaga di Piala Dunia, Gian Piero Ventura Belum Undurkan Diri)

Buffon kini telah berusia 39 tahun, kemudian Barzagli 36 tahun, De Rossi 34 tahun, dan Chiellini 33 tahun. Pada awalnya, sempat tersiar kabar bahwa keempat pemain tersebut baru akan pensiun dari tim nasional usai pagelaran Piala Dunia 2018. Namun, lantaran Italia tak lolos ke putaran utama, maka mereka pun gantung sepatu lebih cepat.

Buffon, Barzagli, dan De Rossi merupakan bagian dari skuad Juara Dunia Timnas Italia 2006, yang memang sebagian besar dari skuad tersebut telah gantung sepatu. Pensiunnya keempat pemain tersebut seolah menegaskan bahwa Italia kini harus melakukan regenerasi skuad, seperti negara-negara lainnya.

Sebenarnya dapat dikatakan saat ini banyak pemain muda Italia yang tengah bersinar. Sebut saja nama Gianluigi Donnarumma di posisi penjaga gawang, Alessio Romagnoli dan Daniele Rugani di posisi bek, Marco Verratti di lini tengah, serta Andrea Belotti di pos striker. Kendati begitu, para pemain muda tersebut kerap tak dapat tempat lantaran masih dibayangi oleh para veteran.

“Kami memiliki banyak pemain muda yang dalam beberapa tahun ke depan akan membutuhkan cinta dan dukungang yang sama. Jalan masih panjang ke depan dan setelah keterpurukan seperti ini, terdapat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan,” ujar Chiellini, menyadur dari Football Italia, Selasa (14/11/2017).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini