nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Derby Merseyside, Berawal dari Berebut Stadion dan Berakhir dengan Perpisahan

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 14:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 25 45 1743545 sejarah-derby-merseyside-berawal-dari-berebut-stadion-dan-berakhir-dengan-perpisahan-djU2jwypDa.jpg

JIKA Anda para pencinta Liga Inggris, terutama para pendukung klub Liverpool atau Everton  tentu tidak asing dengan laga sarat gengsi bertajuk Derby Merseyside. Ya, Derby Merseyside merupakan laga yang mempertemukan antara Liverpool dan Everton dalam satu pertandingan.

Namun tahukah Anda bahwa asal mula hadirnya dua klub dari kota Liverpool itu berawal dari permasalahan sebuah stadion. Adalah sosok bernama John Houlding yang menjadi dalang terjadinya Derby Merseyside.

Houlding yang merupakan seorang pengusaha dan politikus, memang melibatkan dirinya dalam dunia olahraga dengan masuk dalam jajaran direksi Everton. Houlding sendiri juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan pemilik Anfield Stadium, yakni John Orell.

Melalui kedekatannya dengan Orell, Houlding pun membawa Everton untuk berkandang di Anfield Stadium dalam kurun waktu sekira 8 tahun. Situasi semakin terlihat baik untuk Everton usai pada 1885,Houlding memutuskan untuk mengakusisi Anfield Stadium dari tangan Orell.

Akan tetapi kenyataan yang terjadi justru tak membuat Everton benar-benar merasa nyaman berkandang di Anfield Stadium. Pasalnya Houlding mematok harga sewa yang semakin tinggi di setiap tahunnya, yang mana hal itu membuat finansial Everton tak stabil.

Hingga akhirnya pada 1892 direksi Everton pun memutuskan untuk hengkang dari Anfield Stadium, dan membangun stadion baru yang bernama Goodison Park. Tak ingin tersaingi, Houlding pun memutuskan untuk membentuk klub sendiri dengan bernama Liverpool FC.

Pertemuan pertama antara Everton kontra Liverpool akhirnya terjadi di Liga Inggris –yang pada saat itu masih bernama Divisi Satu– pada 13 Oktober 1894. Dalam pertandingan tersebut, Everton mampu menang dengan skor akhir 3-0.

Akan tetapi setelah itu, Everton tak lagi bisa dengan mudah untuk bisa menang dari Liverpool. Bahkan dalam total 228 pertemuan, Everton hanya mampu memenangkan laga sebanyak 66 kali. Sementara sang rival sukses mengemas kemenangan 91 kali, dengan 71 pertandingan berakhir imbang.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini