nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panasnya Persaingan Derby Barat Laut, Mulai dari Para Pemain hingga Suporter

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 15:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 24 45 1742873 panasnya-persaingan-derby-barat-laut-mulai-dari-para-pemain-hingga-suporter-7NqCA8Xrks.jpg Derby North West (Foto: AFP)

PERTEMUAN antara Manhcester United dan Liverpool selalu berlangsung panas yang tersaji dalam Derby Barat Laut. Jika El Clasico yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona menjadi duel panas teratas, Derby Barat Laut mungkin bisa menjadi yang kedua.

Memiliki markas dalam satu wilayah yakni di barat laut Inggris, Liverpool berada di wilayah metropolitan Merseyside, sedangkan Man United berada di wilayah Greater Manchester. Kedua kota besar itu pun terbilang dekat yang hanya terpisah 48 km saja.

Persaingan kedua tim terjadi karena ulah para suporter yang saling menyombongkan kesuksesan antara Liverpool dan Man United sejak kompetisi Liga Inggris Divisi Utama dimulai. Memang di era 1990-an, The Reds –julukan Liverpool– lebih unggul, para suporter pun lebih banyak membanggakan diri ketimbang Man United. 

Namun sekarang, giliran Man United yang merajai. Kini waktunya suporter Setan Merah yang menyombongkan dirinya sebagai tim yang lebih hebat ketimbang Liverpool. Memang catatan sudah menuliskan Man United lebih banyak mengoleksi kemenangan, dengan 66 piala, ketimbang Liverpool yang hanya memiliki 60 titel.

Ketat dan tipisnya perbedaan jumlah piala yang membuat kedua tim suporter menjadi lebih panas. Terakhir pergesekan keras antara kedua tim terjadi pada 2012-2013, di mana setelah Liverpool berpuluh-puluh tahun unggul dalam koleksi gelar juara Liga Inggris, Man United mulai mengambil alih dengan raihan 20 trofi, sementara Liverpool hanya 18 titel.

Apalagi trofi yang dimiliki The Reds adalah era tua. Sejak itu, ejek-mengejek bahkan perkelahian sering terjadi. Pindah dukungan bahkan seperti pindah agama yang merupakan sebuah keharaman bagi kedua belah pihak.

Tak sampai di situ, hal tersebut ternyata berimbas kepada pemain. Sebut saja Steven Gerrard yang pernah dikutip dari ESPN. Dalam wawancara tersebut, ia mengungkapkan mengapa saat mencetak gol dalam laga Derby Barat Laut selalu mengacungkan lima jari. Ternyata hal tersebut untuk menunjukkan keunggulan timnya yang sudah lima kali juara Liga Champions. Sementara Man United tercatatat hanya tiga kali.

"Saya hanya ingin mereka tahu bahwa Liverpool masih di atas mereka dengan menjuarai titel Liga Champions lima kali, jadi mereka tidak usah sombong dengan trofi ke-20 Liga Inggris yang mereka raih. Saya tidak membenci mereka. Saya hanya membenci cara mereka dalam merayakan gelar ke-20, itu terlalu sombong dan menganggap kami remeh,” ucap Gerrard, seperti dikutip dari ESPN, Senin (24/7/2017).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini