nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjalanan Portugal dari Fase Grup hingga Kampiun Piala Eropa 2016

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 12:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 11 3 1435351 perjalanan-portugal-dari-fase-grup-hingga-kampiun-piala-eropa-2016-lZNXzqHEau.jpg Portugal kampiun Piala Eropa 2016. (Foto: REUTERS/Darren Staples)

PORTUGAL menghentak persepakbolaan dunia dengan memenangi turnamen Piala Eropa 2016. Di partai final yang dilangsungkan di Stade de France, pada Senin 11 Juli 2016 dini hari WIB, Seleccao das Quinas –julukan Portugal– sukses mengalahkan tuan rumah Prancis dengan skor 1-0.

Hasil itu membuat Portugal meraih trofi Henry Delaunay –sebutan untuk trofi Piala Eropa– untuk pertama kali dalam sejarah. Namun, kritikan banyak menghampiri tim asuhan Fernando Santos itu.

Sebab, mereka hanya mampu memenangi satu dari tujuh pertandingan di waktu normal (90 menit) turnamen Piala Eropa 2016. Berikut ini perjalanan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dari fase grup hingga menjadi kampiun Piala Eropa 2016.

7. Portugal vs Islandia (Pertandingan Pertama Fase Grup F Piala Eropa 2016)

Portugal lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Tercatat, Joao Moutinho dan kawan-kawan jauh lebih mendominasi pertandingan. Portugal unggul lebih dulu lewat Luis Nani pada menit 31. Namun, ketika babak kedua baru berjalan lima menit, Birkir Bjarnason sukses menyamakan kedudukan. Alhasil, skor imbang 1-1.

6. Portugal vs Austria (Pertandingan Kedua Fase Grup F Piala Eropa 2016)

Kemenangan menjadi target setelah hanya meraih hasil imbang di laga pertama. Portugal berpeluang mencetak gol setelah Cristiano Ronaldo mendapat kesempatan mencetak gol via titik putih. Namun, Ronaldo gagal mengonversikannya menjadi gol. Alhasil, skor akhir Portugal vs Austria 0-0.

5. Portugal vs Hungaria (Pertandingan Ketiga Fase Grup F Piala Eropa 2016)

Portugal hanya bermain imbang 3-3 di laga kali ini. Hungaria sempat tiga kali unggul lewat gol yang disarangkan Zoltan Gera dan Balasz Dzsudzsak (2). Beruntung, Portugal selalu mampu menyamakan kedudukan lewat Nani dan Ronaldo (2). Meski hanya tiga kali bermain imbang, Portugal tetap lolos ke 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik.

4. Portugal vs Kroasia (Perdelapanfinal Piala Eropa 2016)

Portugal menjadi tim underdog di laga kali ini. Namun, Portugal justru mampu mengimbangi permainan Kroasia. Bahkan tim asal Eropa Barat itu sukses meraih kemenangan 1-0 lewat gol tunggal Ricardo Quaresma di babak perpanjangan waktu atau tepatnya pada menit 117.

3. Portugal vs Polandia (Perempatfinal Piala Eropa 2016)

Polandia unggul lebih dulu lewat Robert Lewandowski pada menit kedua. Akan tetapi, gelandang Portugal yakni Renato Sanches mampu menyamakan kedudukan pada menit 33. Skor imbang 1-1 membuat laga berlanjut ke babak tambahan.

Hingga 2 x 15 menit, tak ada gol tercipta. Pertandingan berlanjut ke babak adu tendangan penalti. Di fase ini, Portugal berhasil menang 5-3 setelah lima penendang tim asuhan Fernando Santos berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Portugal vs Wales (Semifinal Piala Eropa 2016)

Wales memang kuda hitam di Piala Eropa 2016. Namun, tim asuhan Chris Coleman tampil lebih baik ketimbang Portugal di Piala Eropa 2016. Akan tetapi, Portugal sukses membalikkan prediksi dengan mengalahkan Wales 2-0 lewat gol yang dilesakkan Ronaldo dan Nani.

1. Portugal vs Prancis (Final Piala Eropa 2016)

Prancis diunggulkan untuk meraih kemenangan. Bermain di hadapan sendiri serta bermain impresif sejak fase gugur, membuat tim asuhan Diduer Deschamps dijagokan meraih kemenangan. Trofi juara seakan mendekat ke Prancis setelah megabintang Portugal, Ronaldo, mengalami cedera pada menit 25.

Keluarnya Ronaldo membuat Prancis lebih percaya diri memainkan bola dan mencetak peluang. Namun, Rui Patricio selaku kiper Portugal bermain luar biasa. Alih-alih mencetak gol, Prancis justru kebobolan via tembakan jarak jauh Eder pada menit 109. Portugal menjadi kampiun Piala Eropa untuk pertama kalinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini