nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juara FA Cup, Arsenal Pecahkan Rekor Baru

Daniel Setiawan, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2015 01:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 31 45 1157910 juara-fa-cup-arsenal-pecahkan-rekor-baru-G5seqWf2db.jpg Arsenal berhasil menjadi juara FA Cup 2015 (Foto: Reuters)

LONDON – Arsenal berhasil merengkuh gelar FA Cup dua musim berturut-turut setelah menghabisi lawannya, Aston Villa dengan skor 4-0, Sabtu (30/5/2015). Anak asuh Arsene Wenger tidak kesulitan sama sekali pada pertandingan yang diadakan di Wembley tersebut.

Gol The Gunners dicetak oleh Theo Walcott pada menit 40, Alexis Sanchez menit 50, Per Mertesacker menit 62 dan Olivier Giroud jelang laga berakhir. Sang lawan tidak mampu menembus kokohnya pertahanan Arsenal. Bahkan The Villans nampak tidak mampu mengimbangi permainan Meriam London sepanjang 90 menit.

Tak hanya mempertahankan gelar. Arsenal juga mencatat rekor baru, sebagai tim peraih trofi FA Cup terbanyak dengan raihan 12 trofi!

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kick Off! Final FA Cup 2015 resmi dimulai. Arsenal sebagai juara bertahan mencoba untuk mengulang kesuksesan musim lalu. Sementara Aston Villa mengincar gelar FA Cup pertamanya dalam kurun waktu 58 tahun terakhir, sekaligus mengincar satu tiket Europa League musim depan.

Arsenal langsung memberikan ancaman sejak menit awal. Santi Cazorla dan Aaron Ramsey membuat kerja sama apik, bola dikirim menuju Theo Walcott, sayang ia berada di posisi offside.

Memasuki menit delapan, Arsenal mendapat peluang dari tendangan sudut. Cazorla mengirim bola ke kotak penalti Villa, bek The Gunners Laurent Koscielny menyambutnya dengan tandukan yang masih melebar. Dalam tempo empat menit pasukan Arsene Wenger mendapat tiga tendangan sudut dan satu sepakan bebas. Sayang semuanya belum membuahkan hasil.

Aston Villa belum menunjukan inisiatif serangan hingga pertandingan memasuki menit 12. Benteke dan kawan-kawan masih coba mencari celah melalui serangan balik. Namun, bek Arsenal cukup disiplin menjaga areanya.

Peluang emas! Arsenal kembali mengancam melalui Koscielny pada menit 15. Berawal dari operan Alexis Sanchez, pemain Cile tersebut kemudian memberikan umpan cantik kepada bek asal Prancis yang berdiri bebas. Namun kegemilangan Shay Given memupuskan harapan Arsenal untuk membuka keran gol.

Lagi, peluang untuk Arsenal! Kali ini melalui Ramsey pada menit 17. Menerima umpan Bellerin yang berhasil melewati Kieran Richardson, Ramsey melepaskan tembakan yang sayangnya masih menyamping dari gawang Given.

Walcott hampir mengubah kedudukan. Menerima operan Ozil, Walcott yang tanpa kawalan di kotak penalti melepaskan tembakan ke arah gawang. Beruntung untuk Villa, sepakan Walcott masih bisa dihadang oleh Richardson.

Memasuki menit 35 The Villans mulai memberikan tekanan kepada lini pertahanan Arsenal. Ashley Westwood mengirimkan umpan kepada Benteke. Maksud hati ingin meneruskan bola kepada Jack Gearlish, bola lebih dulu terbaca dan dibuang oleh bek Arsenal.

Gol untuk Arsenal! Menit 40 Theo Walcott mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk Arsenal. Berawal dari operan Monreal kepada Sanchez, pemain Cile menyundul bola ke arah Walcott. Berdiri bebas, Walcott langsung menghantam bola dengan kaki terlemahnya. Peluit panjang dibunyikan. Arsenal untuk sementara unggul 1-0.

Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan lima menit, Arsenal kembali menjebol gawang Villa. Alexis Sanchez membuat kedudukan menjadi 2-0 melalui sepakan keras dari luar kotak penalti yang tidak dapat ditahan oleh Shay Given. Wembley kembali bergemuruh!

Arsenal terus menekan meski unggul 2-0. Melalui kecepatan Walcott dan kegesitan Sanchez, para pemain bertahan Villa tampak ketar-ketir.

Anak asuh Tim Sherwood mulai membangun serangan memasuki menit 60. Namun bola hanya berputar-putar diluar kotak penalti Arsenal. Tidak ada ancaman berarti yang diberikan Benteke dan kolega.

Tiga gol untuk Arsenal! Melalui sepak pojok pada menit 62, bek jangkung Arsenal, Per Mertesacker tidak terkawal dan langsung menanduk bola ke gawang Given. Villa semakin tertekan, apalagi sejak babak pertama mereka tidak mampu mengimbangi Arsenal.

Unggul tiga gol Arsenal mulai memperlambat tempo permainan. Meski menurunkan tempo, hingga menit 75 Villa belum dapat memberikan ancaman kepada Arsenal. Mental anak asuh Sherwood nampaknya sudah hancur setelah dijebol tiga kali.

Kembali peluang emas untuk Arsenal pada menit 76. Walcott menerima umpan Ramsey. Berdiri bebas, Walcott menggiring bola ke kotak penalti tanpa kawalan. Sayang tendangannya masih melebar.

Agbonlahor dan Grealish memprotes wasit setelah keduanya dijatuhkan di kotak penalti pada menit 80 dan 86. Namun wasit Jonathan Moss tidak bergeming.

Empat gol untuk Arsenal! Pemain yang baru masuk, Olivier Giroud mencetak gol pada menit 90. Menerima umpan Oxlade-Chamberlain, pemain asal Prancis tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang Aston Villa. Skor 4-0.

Peluit panjang ditiup oleh wasit Jonathan Moss. Arsenal berhasil merengkuh gelar FA Cup musim 2014-2015. Hasil ini membuat Meriam London menjadi juara FA Cup dua kali beruntun sekaligus menjadikan mereka pemegang juara FA Cup terbanyak dengan 12 trofi.

Susunan Pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin, Cazorla; Ramsey, Ozil (Wilshere 77’), Alexis (Chamberlain 80’); Walcott (Giroud 77’).

Aston Villa (4-3-3): Given; Hutton, Vlaar, Okore, Richardson (Bacuna 68’); Westwood (Sanchez 71’), Delph, Cleverley; Grealish, N'Zogbia (Agbonlahor 53’), Benteke.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini