Share
Wasit Phil Dowd (foto: Getty Images)

Phil Dowd Wasit Final FA Cup 2012

A. Firdaus

Rabu, 18 April 2012 - 04:05 wib

LONDON – Partai final FA Cup, antara Chelsea melawan Liverpool yang akan dihelat di stadion Wembley, 5 Mei mendatang, bakal dipimpin oleh wasit Phil Dowd. Menjadi wasit di final kompetisi tertua di dunia ini merupakan pertama bagi Dowd.
 
Dowd yang telah menjadi wasit selama 28 tahun ini mengaku terhormat mendapatkan kesempatan ini. Dan menganggap kesempatan ini merupakan puncak kariernya selama dia menjabat sebagai pengadil lapangan.
 
“Saya merasa terhormat dan istimewa ketika mendapatkan ini. Anda membayangkan bagaimana anda berharap sebagai wasit yang menjadi pertimbangan untuk memimpin partai final FA Cup. Ini akan menjadi puncak karier saya sejauh ini,” ujar Dowd, seperti disitat ESPN, Rabu (18/4/2012).
 
“Itu selalu menjadi ambisi saya untuk melihat wasit di final FA Cup. Jadi saya berpikir suatu saat saya berada di sana (menjadi wasit FA Cup,” sambung wasit berusia 49 tahun ini.
 
Selama kariernya menjadi wasit, Dowd pernah memimpin laga-laga penting. Di antaranya adalah partai Community Shield antara Manchester United melawan Manchester City yang dimenangkan United dengan skor 3-2, Dowd juga memimpin partai final Carling Cup 2010, di mana Setan Merah meraih juara usai mengalahkan Aston Villa 2-1.
 
Nantinya Dowd akan dibantu oleh Stuart Burt dan Andrew Garratt. Serta ofisial keempat Michael Jones dan wasit cadangan Simon Long. Diharapkan, Dowd terhindar dari keputusan kontroversial dalam pertandingan se-krusial final FA Cup ini.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11