Johan Alfarizi Jadi Kapten, Aji Santoso: Karakternya Cocok

Kukuh Setiawan

Jum'at, 27 Januari 2017 - 05:44 wib

MALANG--Bukan Ahmad Bustomi, juga bukan Kurnia Meiga atau Cristian Gaonzales, tapi Johan Ahmad Farizi yang menyandang ban kapten di musim 2017 nanti. Sebuah pilihan yang tentu di luar dugaan supporter Aremania karena sebelumnya kapten tim dipegang Bustomi atau Meiga.

Pelatih Aji Santoso tampaknya melihat ada potensi dalam diri pemain berusia 26 tahun tersebut. Meski dikenal pendiam dan tidak banyak bicara, pemain didikan asli Arema Junior tersebut dianggap memiliki karakter untuk menjadi pemimpin di lapangan.

Mengemban tugas sebagai kapten untuk pertama kali sepanjang karirnya, menjadi babak baru bagi pemain yang kerap disapa Johan Alfarizi. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut memiliki perjalanan karir yang cukup menarik.

Meski pemain asli Malang dan pernah mengantarkan Arema juara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010, perjalanan karirnya tidaklah mulus. Pada musim 2013 misalnya, dia banyak menghiasi bangku cadangan karena bersaing dengan pemain macam Thierry Gathuessy, Benny Wahyudi, hingga Hasim Kipuw.

Alfarizi sampai meminta manajemen Arema meminjamkannya ke Persija Jakarta di putaran dua ISL 2013. Langkah itu ditempuh agar dirinya mendapatkan lebih banyak kesempatan bermain dan itu benar-benar terwujud di Persija Jakarta.

Sekembalinya dari Persija, pemain berpostur 173 cm ini mengalami perubahan dalam karirnya. Seiring kedatangan pelatih almarhum Suharno waktu itu, posisi Alfarizi sebagai bek kiri mulai mapan dan bahkan Benny Wahyudi pun harus mulai mengalah.

Puncaknya di ISC 2016, dia menjadi kekuatan vital di sisi kiri pertahanan Arema dan nyaris tak tergeser siapa pun. Tak heran jika kemudian PSM Makassar sempat menaruh minat untuk mendatangkan Alfarizi yang pernah menjadi bagian tim nasional Indonesia.

"Dari sisi usia, karakter, maupun perjalanan karirnya, saya percaya Johan Ahmad Farizi bisa mengemban tugas sebagai kapten. Kami jelas sudah mempertimbangkan keputusan ini dan semoga jiwa kepemimpinannya bisa memberi pengaruh positif pada tim," kata Aji Santoso.

Sisi positif lainnya, pemain ini memiliki kebugaran yang tergolong paling bagus dibanding pemain Arema lainnya. Jarang diterpa cedera panjang dan performanya relatif konsisten jika mengacu pada ISC 2016 ketika ditangani Milomir Seslija.

Dari sekian kelebihan Johan Alfarizi, mungkin sisi komunikasi yang masih harus ditingkatkan. Dia adalah pemain yang tidak banyak bicara, terutama saat menghadapi media, karena memang bertipe pendiam. Dengan peningkatan kemampuan komunikasi, maka dia bisa menjadi kapten yang komplit.

Alfarizi mengaku terhormat dengan jabatan sebagai kapten tim. "Saya sangat terhormat dan ini amanah besar bagi saya. Semoga dengan dukungan semua pihak di Arema, saya bisa menjalankan tugas sebagai kapten tim dengan baik," kata dia.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62